Jambi, Antara Jambi - Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan SH MH PhD menyatakan Unja telah jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk berstatus Badan Layanan Umum (BLU).

"Persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, termasuk studi banding ke perguruan tinggi yang telah berstatus BLU. Tim sudah melakukan kunjungan salah satunya ke Yogyakarta," kata Johni Najwan.

Tim Unja yang melakukan study banding  adalah Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Kepegawaian FKIP Unja yang mengunjungi  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 10 November 2017. Kunjungan itu untuk melakukan perbandingan tata pola pangelolaan keuangan di kampus yang berstatus BLU.

Dengan menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU), kata rektor  diharapkan Unja akan lebih mudah dalam merencanakan peningkatan penerimaan anggaran pendapatannya melalui PNBP, dan lebih fleksibel dalam penyusunan rencana penggunaan serta mempertanggungjawabkannya melalui mekanisme keuangan negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Dengan penerapan PPK-BLU, penganggaran berbasis kinerja akan semakin dimantapkan karena adanya fleksibilitas dalam pengelolaan PNBP," kata Johni Najwan.

Dijelaskannya, dengan sistem penganggaran berbasis kinerja, penyusunan dan pelaksanaan anggaran tidak hanya berdasarkan input dan proses saja, tetapi berorientasi pada hasil kerja.

"Perguruan tinggi negeri yang diizinkan untuk menerapkan pola BLU, maka pengelolalaan keuangan dapat dilakukan lebih fleksibel dengan mengutamakan produktivitas, efisiensi dan efektivitas," katanya menjelaskan.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017