Jambi, Antara Jambi - Insan pers yang berasal dari sejumlah organisasi kewartawanan di Jambi menghadiri forum group discusi (FGD) yang digelar di Aula Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi di Kota Baru Kota Jambi, Senin malam.

Hadir pada kesempatan itu sejumlah pimpinan organisasi kewartawanan di Jambi yakni ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Aliansi Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Jambi.

Selain itu hadir sejumlah pimpinan media dan perwakilan media nasional di Jambi serta pewarta Jambi. 

Pada kegiatan yang disiarkan langsung Programa I RRI Jambi tersebut, menghadirkan nara sumber Asisten II Setda Provinsi Jambi Bidang Perkenomian dan Pembangunan, Agus Sunaryo dan Ketua PWI Jambi Saman SPt.

Diskusi yang berlangsung selama dua jam itu berlangsung interaktif membahas berbagai hal terkait peran wartawan dalam ikut serta membangun Provinsi Jambi. Diskusi berkembang dengan sejumlah masukan, antara lain penyediaan sumber informasi yang bisa diakses dari pemerintah daerah tentang pembangunan hingga langkah peningkatan kompetensi junalis di provinsi itu.

"Kami sepakat bila pers memiliki peran yang besar dalam pembangunan Jambi, ke depan pemerintah daerah akan berupaya meningkatkan ketersediaan informasi yang bisa memudahkan penyampaian informasi pembangunan kepada masyarakat," kata Agus.

Ia juga mengharapkan pers di Jambi untuk menjalankan peran dan fungsinya, antara lain fungsi kontrol terhadap pemerintah daerah.

Sementara itu Ketua PWI Jambi Saman SPt memaparkan kondisi terkini tantangan dunia pers di tengah era digitalisasi dan media sosial. Menurut dia media mainstream perlu menjaga komitmennya sebagai sumber rujukan informasi bagi publik baik melalui media cetak, elektronik maupun online.

"Media social tidak bisa dikalahkan, itu hampir pasti. Tapi bagaimana media mainstream tetap bisa menjaga komitmennya sebagai penyedia informasi dan rujukan informasi yang akurat bagi masyarakat, itu menjadi kekuatan yang harus dipertahankan," kata Saman.

Ia menyebutkan, pihaknya terus mendorong  peningkatan kapasitas pewarta Jambi salah satunya melalui program uji  kompetensi yang digelar oleh Dewan Pers. Ia juga berharap pemerintah daerah untuk bisa mendorong dan memfasilitasi peningkatan kompetensi wartawan di daerah.

Pewarta:

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017