Jambi, Antaranews Jambi - Selama dua hari berturut-turut kawasan Tanggo Rajo dan Jembatan Gentala Arasy Kota Jambi meriah dan dipenuhi oleh ribuan warga kota  itu yang menyaksikan olahraga rakyat lomba pacu perahu di aliran Sungai Batanghari.

"Sejak Jumat kegiatan kayuh perahu digelar dalam rangka HUT Provinsi Jambi ke-61," kata Rofik, salah seorang operator perahu di kawasan Tanggo Rajo Jambi, Minggu.

Kegiatan lompa pacu perahu sudah menjadi tradisi yang digelar dalam setiap perayaan hari jadi Provinsi Jambi, Kota Jambi atau kegiatan-kegiatan lainnya di kota itu.

Salah satu primadona tontonan olahraga rakyat itu adalah lomba kayuh perahu naga yang melibatkan atlet-atlet perahu naga di Jambi.

Sementara itu sebuah spanduk ukuran besar terpasang di bentangan Jembatan Gentala Arasy bergambar Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi. Masyarakat cukup antusias menyaksikan kegiatan itu. 

Tak hanya di kawasan Tanggo Rajo dan Gentala Arasy, konsentrasi warga juga di Taman Batik di Kota Seberang Jambi yang memadati kawasan itu sejak pukul 12.00 WIB. 

Warga dengan sabar menunggu saat-saat lomba digelar, sekaligus menikmati jajanan kuliner di bantaran Sungai Batanghari itu. Sebagian warga menikmati suasana itu dengan naik perahu dengan cara menyewa. 

"Semacam tradisi, ada keramaian di sini, sewa perahu jadi laku. Mereka menikmati suasana ini," katanya.

Kegiatan tersebut juga menggerakan perekonomian masyarakat, selain para pedagang makanan dan pemilik perahu, juga bagi para petugas parkir yang merema dengan banyaknya kendaraan yang diparkir di sejumlah lokasi di kawasan keramaian di sana.

Tak hanya di kawasan Tanggo Rajo yang berdekatan dengan Rumah Dinas Gubernur Jambi, namun juga di kawasan Kota Seberang Jambi. Deretan kendaraan roda empat dan roda dua berjejer di depan Tugu Gentala dan di Taman Batik Kota Seberang.

"Makin sore makin ramai," kata salah seorang petugas parkir di kawasan Taman Batik Kota Seberang.***1***
    

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018