Jambi (Antaranews jambi) - Komisi Pemilihan Umum Kota Jambi mengerahkan sebanyak 1.521 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang akan dilakukan secara serentak pada 20 Januari 2018.

"Gerakan coklit serentak ini petugas akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dari rumah ke rumah (door to door)," kata Anggota KPU Kota Jambi Arif Lesmana Yoga di Jambi, Jumat.

Ia mengatakan petugas yang dilibatkan dalam gerakan coklit serentak itu terdiri dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sebanyak 1.521 orang, kemudian Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 550 orang serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 186 orang.

"Selain petugas PPDP kegiatan coklit juga akan dilakukan anggota PPK maupun PPS di wilayah ini," kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Jambi Wein Arifin mengatakan, sebelum melakukan kegiatan coklit serentak itu seluruh petugas akan melaksanakan apel bersama yang dipusatkan di lapangan KONI Jambi.

Nantinya dalam proses coklit selain melakukan pemeriksaan data pemilih dari rumah ke rumah kata dia, petugas PPDP juga akan memberikan pendidikan atau edukasi politik berbasis keluarga sehingga partisipasi pemilih meningkat.

Pihaknya mengimbau agar seluruh warga untuk berpartisipasi pada gerakan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang akan digelar 20 Januari hingga 18 Februari 2018 itu.

"Satu PPDP minimal mencoklit di lima rumah, dan petugas juga edukasi politik kepada pemilih dengan berbasis keluarga untuk meningkatkan partisipasi pemilih," kata dia.

Dalam proses coklit itu kata Wein, petugas akan diberikan buku kerja guna memastikan petugas itu mencoklit dengan langsung mendatangi ke rumah warga.

"Petugas akan diberikan buku kerja dan evaluasi sehingga nantinya setiap hari petugas akan kemana akan ketahuan, petugas harus betul-betul datang ke rumah karena sudah ada buku kerjanya," katanya menambahkan.

KPU RI telah menetapkan tanggal pencoblosan pilkada serentak 2018 yang rencananya pencoblosan akan dilakukan pada 27 Juni 2018.

Dalam pilkada serentak 2018 itu akan diikuti oleh 171 daerah di Indonesia, dan salah satunya Kota Jambi yang juga akan menggelar pemilihan kepala daerah Wali kota dan Wakil Wali kota Jambi periode 2018-2023.***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018