Jambi (Antaranews Jambi  - Pemerintah Kota Jambi sedang mengembangkan Danau Sipin yang merupakan danau yang terletak di tengah-tengah wilayah kota itu menjadi destinasi wisata unggulan.

"Kita menjadikan kawasan di Danau Sipin itu sebagai kawasan wisata alam dan budaya khas Kota Jambi dengan memadukan danau dan kearifan lokal budaya masyarakat setempat," kata Wali Kota Jambi, Syarif Fasha di Jambi, Jumat.

Pembangunan destinasi wisata Danau Sipin itu telah dimulai pada tahun 2017 dengan membangun "jogging track" sepanjang 480 meter di bantaran danau itu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Jambi sebesar Rp3,5 miliar.

Tahun 2018 ini kata Fasha, selain melanjutkan pembangunan arena joging juga akan dibangun jembatan penghubung antar bronjong dan kios UMKM untuk cinderamata dan kuliner serta sarana penunjang wisata air serta normalisasi kawasan danau.

"Termasuk juga pembangunan kios-kios UMKM untuk masyarakat yang akan menjajakan kuliner dan oleh-oleh cindera mata supaya objek wisata ini juga menimbulkan perekonomian bagi masyarakat," katanya menjelaskan.

Pihaknya juga tetap mempertahankan transportasi perahu tradisional di kawasan danau itu sehingga menambah daya tarik pada destinasi wisata danau yang sebelumnya itu belum pernah dikembangkan.

Objek wisata Danau Sipin di Kecamatan Telanaipura selama ini belum dikelola dengan baik dan belum tersedia fasilitas rekreasi sehingga masyarakat belum menjadikan danau ini sebagai tujuan wisata.

Danau Sipin?merupakan danau alami yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum di Kota Jambi. Sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan danau itu masih ada yang memanfaatkan untuk budidaya perikanan keramba.

Namun saat ini Danau Sipin dengan luas 89,2 hektare dan berjarak sekitar empat kilometer dari pusat Kota Jambi itu sedang bersolek dan menjadi tempat favorit dikunjungi wisatawan lokal terutama sore hari untuk menikmati matahari terbenam atau pun hanya sekadar foto-foto.

"Sekarang Danau Sipin menjadi tempat alternatif untuk mengisi libur akhir pekan atau pun hanya sekadar jalan-jalan sore," kata Ema, warga Mayang, Kota Jambi.***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018