Jambi (Antaranews Jambi) - Ramon Eka Putra dan Ahmad Riki Sufrian terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jambi melalui Konferensi Kota (Konferta) III yang digelar salah satu kawasan perkampungan di kota itu, Sabtu (27/1).

Ramon (pewarta viva.co.id) dan Riki (Pemred Kajanglako.com) memimpin AJI Jambi hingga 2021 mendatang. Mereka menggantikan Ketua dan Sekretaris periode sebelumnya, Herri Novealdi dan Siti Masnidar.

Ke-dua pasangan tersebut terpilih dalam proses pemungutan suara dengan perolehan 15 suara dari total 17 suara sah. Sementara rival mereka pasangan Bakar (wartawan Jambi Ekpres)-Doni (wartawan Jambi Ekpres) memperoleh dua suara.

Sekjen AJI Indonesia, Revolusi Riza usai Konferta berharap kepengurusan yang baru mampu membawa AJI Jambi lebih profesionalitas dan berintegritas.

Revo mengatakan Independensi merupakan nafas seorang jurnalis. Dalam keanggotaan AJI, bentuk independensi jurnalis tertuang dalam kode perilaku yang ditetapkan pada Kongres AJI di Solo November lalu.

Dirinya menjelaskan, kode etik perilaku AJI ini merupakan pelengkap kode etik yang berfungsi sebagai pedoman bagi anggota AJI dalam menjalankan profesinya.

"Intinya adalah menjaga independensi. Independen adalah nafas kita. Nafas jurnalis," kata Revo.

Konferta III AJI Jambi digelar cukup unik, dimana panitia memilih lokasi perkampungan nan asri. Tepatnya di salah satu rumah warga Kampung Pulau Pandan, Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi yang rerata bangunan panggung.

Sebelum Konferta, terlebih dahulu digelar workshop sekaligus menyosialisasikan kode etik dan kode perilaku AJI yang sudah ditetapkan.

Revo mengaku senang dengan pemilihan tempat oleh panitia pelaksana. Menurut jurnalis CNN ini, idealnya memang jurnalis harus berada di tengah masyarakat.

"Konferta di rumah panggung tradisional Jambi ini unik. Jurnalis harus berada di masyarakat. Momen ini juga bisa sekaligus memperkenalkan wilayah ini sebagai kampung yang masih kental budayanya khususnya warga asli di sini," katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua AJI terpilih Ramon didampingi Sekretaris AJI terpilih Riki, mengaku siap memimpin dan memajukan AJI Jambi selama masa periode kepemimpinan mereka.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018