Jambi (Antaranews Jambi) - Wakil Gubernur Jambi Fachori Umar mengatakan karya/pemberitaan yang dihasilkan insan pers memiliki peranan penting yang dibutuhkan masyarakat namun harus sesuai data dan fakta.

"Masyarakat sangat menantikan informasi-informasi melalui pemberitaan yang dibuat oleh insan pers dan pemberitaan itu juga sebagai kontrol bagi pemerintahan," katanya usai menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Sumatera Barat, Jumat.

Wagub mengatakan informasi yang disajikan pers untuk konsumsi masyarakat haruslah sesuai dengan data dan fakta yang ada. 

Baca juga: Kapolda Jambi: Pers kekuatan kritik untuk membangun

Insan pers menurutnya juga harus memberikan informasi kepada masyarakat secara berimbang, jangan sampai pers berpihak pada suatu golongan atau harus netral.

"Jadi hendaknya insan pers membuat berita yang benar, jangan sampai menyebarkan berita hoax, sehingga bisa memprovokasi masyarakat. Apalagi di tengah kemajuan zaman yang semakin pesat ini, kejadian hari ini bisa diketahui langsung oleh seluruh masyarakat dunia," ujarnya.

Baca juga: Wabup Batanghari minta pewarta tangkal hoax

Menurutnya lagi, berita itu ada dua jenis, pertama berita yang benar dan kedua adalah berita tidak benar.

"Dan jangan sampai berita yang tidak benar ini menyebar kepada masyarakat, karena dampaknya sangat fatal dan bisa dikatakan fitnah," kata Wagub.

Sementara dalam peringatan HPN 2018 ini, wagub atas nama masyarakat Provinsi Jambi juga mengucapkan selamat hari pers dan berharap pers ke depan semakin profesional.

"Saya mewakili masyarakat Provinsi Jambi mengucapkan Hari Pers Nasional yang ke-32, semoga insan pers semakin profesional ke depannya dan turut berperan dalam membantu pembangunan di Jambi khususnya," katanya menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018