Jambi, Antaranews -  Wakil Bupati Batanghari Sofia Joeseof Fatah meminta kepada pewarta agar dapat menghindari pemberitaan hoax yang dapat meresahkan masyarakat.

"Bertepatan dengan Hari Pers Nasional 2018,  harapan saya kepada pewarta, baik itu pewarta media cetak, online maupun elektronik dapat menghindari pemberitaan hoax yang dapat meresahkan warga," kata Wakil Bupati Batanghari Sofia Joesoef Fattah di Muara Bulian, Rabu.

Sofia mengatakan, sebaiknya pewarta dalam membuat suatu berita harus berimbang dan seusai dengan fakta. Terkait isu yang berkembang di tengah masyarakat,  juga pewarta senantiasa  melakukan klarifikasi terlebih dahulu sebelum isu-isu  tersebut diangkat menjadi suatu berita.

Tujuannya, kata dia agar tidak terjadi perdebatan dan polemik di tengah masyarakat. Mengingat saat ini masyarakat kerap menerima apapun  pemberitaan yang di beritakan sehingga menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.

"Masyarakat banyak  yang masih awam, apalagi masyarakat yang tinggal di pedesaan. Sehingga mereka tidak mengetahui apakah berita tersebut benar adanya atau tidak. Yang mereka tah itu benar adanya," kata Sofia Joesoef.

Selain itu, bertepatan dengan peringatan HPN Wabup juga mengucapkan selamat kepada pewarta di daerah itu.

"Saya ucapakan selamat hari pers kepada insan  pewarta. Selamat bekerja dan tunjukkanlah integritas  dalam bekerja dan harapan saya insan pers dapat mengutamakan etos kerja dalam bekerja," katanya menambahkan.***

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018