Cikarang (Antaranews Jambi - Suzuki Indonesia tengah mempersiapkan sebuah produk baru yang akan diluncurkan secara global di Tanah Air paling lambat hingga tahun 2019.

General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Motor Ryohei Uchiki menjelaskan Indonesia merupakan pilar ketiga bagi Suzuki Global setelah Jepang dan India, sehingga menjadi lokasi yang pas untuk meluncurkan produk terbaru dan pertama di dunia.

"Kami menyiapkan model baru yang pertama kalinya dari Indonesia. Global premiere," kata Uchiki kepada wartawan di pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat, Senin.

"Sejauh ini global premiere ada di Jepang dan India. Tapi untuk menjadi pilar ketiga, kami di Indonesia sedang menyiapkan world premiere, paling lama pada 2019," kata Uchiki.

Kendati demikian, Uchiki enggan membocorkan produk apa yang akan diperkenalkan secara global tersebut. Ia menegaskan bahwa peluncurkan produk baru memerlukan persetujuan dari Jepang.

"Untuk meluncurkan model baru butuh investasi.... Kalau tidak ada budget tidak bisa luncurkan mobil baru. Tapi, mungkin sampai 2019 ada produk baru," katanya. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia memang menjadi tempat peluncuran produk secara global, antara lain Mitsubihsi Xpander dan Datsun Cross.

Sebelumnya, Suzuki telah menanamkan investasi sekira Rp13 triliun (1 miliar dolar AS) untuk pabrik di Cikarang yang beroperasi sejak 2015 dan menghasilkan perakitan 120 ribu unit per tahun, 71 ribu mesin serta 176 ribu unit transmisi. "Investasi 1 miliar dolar AS untuk pabrik Cikarang karena ada masa depan yang bagus di Indonesia," tambah Uchiki.

Ketika ditanya wartawan mengenai pasar MPV di Indonesia, Uchiki menjawab, "MPV masih kuat untuk 2018 sampai 2019, Indonesia adalah market MPV walaupun konsumen mungkin menyukai mobil yang berbeda."***

Pewarta: Alviansyah Pasaribu

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018