Jambi (antaranews Jambi) - Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tirta Kabuoaten Batanghari alami peningkatan yang cukup drastis, dari 7.945 pelanggan di tahun 2016 meningkat menjadi 11.328 pelanggan di tahun 2017.


"Memang peningkatan pelanggan kita cukup signifikan, kita akui peningkatan pelanggan tersebut berkat adanya program sambungan gratis air bersih terhadap masyarakat berpenghasilan rendah, " Kata Direktur Utama PDAM tirta Batanghari Abu Bakar Sidik di Muarabulian, Senin.

Dari tahun 2016 ke tahun 2017 terjadi peningkatan pelanggan sebanyak 3.383 pelanggan atau sebesar 42,25 persen.

Selain berkat adanya sambungan gratis terhadap masyarakat berpenghasilan rendah, peningkatan pelanggan PDAM tersebut juga di sebabkan oleh adanya sambungang gratis yang diberikan pemkab daerah itu melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Semanatar itu, dengan meningkatnya jumlah pelanggan pada PDAM tersebut berpengaruh terhadap kapasitas pompa air pada unit pelayanan PDAM tirta yang terbatas. Dan saat ini beberapa unit pelayanan cabang pdam di derah itu telah melebih batas kapasitas pompa air.

Sekretaris dewan pengawas PDAM tirta Batanghari Sayiful mengatakan di daerah itu terdapat satu unit pelayanan induk air bersih dan 13 unit pelayanan cabang. Dari 14 unit pelayanan PDAM terdapat beberapa unit pelayanan pdam yang melebihi kapasitas,


"Pada umumnya kapasitas pompa di beberapa unit pelayanan masih berada di bawah jumlah pelanggan. Namun beberapa unit pelayanan telah melebihi kapasitas seperti unit pelayanan PDAM di Desa Rambutan masam dan Desa Bajubang Laut, "kata Skeretaris Dewan Pengawas PDAM Tirta Batanghari Syaiful.

Seperti yang terjadi di unit pelayanan Desa Bajubang laut, kapasitas pompa air yang terdapat di unit tersebut hanya dapat menampung 800 sambungan dengan kapasitas pompa 10 liter perdetik.

Sementara saat ini sambungan atau pelanggan PDAM tirta di daerah itu sudah mencapai 1.102 sambungan atau pelanggan PDAM tirta.***

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018