Medan, (Antaranews Jambi) - Polda Sumatera Utara tidak terkait dengan permasalahan helikopter dinas milik Polri yang diduga mengangkut sepasang pengantin dr Fihzan dengan dr Sartika, di Lapangan Haji Adam Malik Pematang Siantar.

"Masalah itu seluruhnya merupakan tanggung jawab personal dan dalam hal ini Pilot berinisial Iptu T," kata Waka Polda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, dalam temu Pers, di Mapolda, Senin.

Jadi, menurut dia, pihak Polda Sumut jangan dilibatkan dalam masalah helikopter milik Polri yang mengangkut sepasang pengantin tersebut.

"Kesalahan yang dilakukan oknum pilot helikopter polri itu, telah dilaporkan ke Ditpol Udara Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Polri sebagai atasan Iptu T," ujar Brigjen Pol Agus.

Ia mengatakan, memang helikopter milik Polri itu, BKO di Polda Sumut dan segala kegiatan yang dilakukan harus diketahui Karo Ops Polda Sumut.

Pada Minggu (25/2) helikopter tersebut dibawa pilot untuk tujuan pengecekan radio yang mengalami gangguan.

"Namun, ternyata helikopter angkutan dinas itu, digunakan pilot untuk menerbangkan sepasang pengantin dan mendarat di Lapangan Adam Malik Pematang Siantar," ucapnya.  

Waka Polda menyebutkan, tim Polda Sumut bertugas melakukan pengusutan penggunaan helikopter milik Polri itu, yakni Kabid Propam, Irwasda, Karo Ops dengan anggotanya masing-masing.

Helikopter milik Polri yang di-BKO-kan di Polda Sumut, difungsikan untuk kepentingan dinas.

"Helikopter tersebut digunakan untuk patroli di wilayah Sumut dengan kepentingan pengelolaan monitoring (pantauan udara) Kamtibmas di Sumut, yakni memantau peristiwa banjir, terjadi kemacetan dan memantau pintu masuk jalur laut," kata mantan Direktur Reskrim Polda Sumut (2009-2011).

Video yang menampilkan pasangan pengantin dr Fihzan dengan dr Sartika turun dari helikopter mirip dengan milik Polri di Lapangan Adam Malik Kota Pematang Siantar, membuat heboh. Helikopter dinas milik negara itu, dipergunakan orang yang bukan personel Polri.

Video tersebut direkam oleh warga dan diunggah di media sosial (facebook) pada Minggu (25/2). Dalam video itu tampak satu helikopter mirip milik Polri mendarat di Lapangan Adam Malik Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018