Jambi (Antaranews Jambi) – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Batanghari menggelar pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019.

"Pramusrenbang ini merupakan tindak lanjut dari forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan musrenbang yang dilakukan di tingkat desa dan kecamatan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari Bakhtiar di Muarabulian, Senin.

Bakhtar mengatakan agenda dari kegiatan tersebut yakni penamyampaikan hasil diskusi kelompok yang dilakukan pada forum OPD yang lalu. Selain itu juga dilakukan diskusi menyangkut hasil sidang kelompok dan program kegiatan pembangunan yang akan dilaksankan pada tahun 2019.

Ia menambahkan, secara umum kebijakan pembangunan yang dilakukan pada tahun 2019  tidak keluar dari Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah (RPJMD) daerah itu tahun 2016-2021 dan Rencana Strategis (Renstra) OPD tahun 2016-2021.

Pada kegiatan tersebut, OPD di daerah itu diharapkan dapat bersinergi antara satu OPD dengan OPD lainnya dalam menterjemahkan misi daerah itu dalam kebijakan pembangunan.

Selain itu , usulan prioritas pembangunan yang merupakan hasil dari musrenbang tingkat desa dan kecamatan akan di beri ruang dalam perencanaan OPD, dikarenakan usulan tersebut mencerminkan kebutuhan nyata masyarakat.

"Kolaborasi perencanaan yang bersifat partisipatif, teknoratis dan politis apabila dapat diterjemahkan dengan baik dalam kebijakan tentunya akan menjadi akselerasi pembangunan di batanghari," kata Bakhtiar.

Ditahun 2019 yang akan datang, pembangunan di daerah itu mengangkat tema optimalkan sumber daya untuk akselerasi pembangunan daerah.

Pada agenda pra musrenbang tersebut juga akan di pilah usulan yang di sampaikan sesuai kewenangan.

"Usulan yang menjadi kewenangan provinsi akan di bawa pada forum musrenbang provinsi, begitu juga yang menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi akan di bawa pada forum musrenbang nasional," katanya menambahkan.***(Advertorial)

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018