Jambi (Antaranews Jambi) - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Prof RA Muthalib menyebutkan jumlah pendaftar melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang memilih universitas tersebut mencapai 10.015 siswa.

"Sehari sebelum masa pendaftaran ditutup sesuai jadwalnya, jumlah pendaftar yang tercatat sudah mencapai 10.015 siswa," kata Prof RA Muthalib dihubungi Antara di Jambi, Senin.

Pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri yang mendaftar seleksi berdasarkan nilai rapor akademik siswa tersebut, berlangsung sejak 21 Februari dan akan ditutup pada Selasa 6 Maret 2018.

"Dari jumlah pendaftar yang masuk sebanyak 10.015 siswa itu, diantaranya untuk yang mendaftar pada program beasiswa bidik misi sebanyak 2.915 siswa," katanya.

Pihak panitia lokal Universitas Jambi mengimbau bagi siswa yang belum melakukan pendaftaran agar dapat segera melakukan pendaftaran dengan memanfaatkan waktu yang masih tersisa sehari kedepan.

Dalam proses pendaftaran penerimaan mahasiswa melalui jalur ini tidak dipungut biaya dan calon peserta dapat langsung mengunjungi laman http://www.web.snmptn.ac.id untuk proses pendaftaran.

Pada pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri di Unja tersebut, untuk program studi atau jurusan yang lebih banyak diminati peserta pendaftaran SNMPTN itu adalah dari jurusan IPS seperti Manajemen sebanyak 1.143 siswa yang kemudian disusul program studi PGSD sebanyak 1.044 siswa.

Sementara itu, pada proses pendaftaran melalui jalur tersebut calon peserta (pendaftar) dapat memilih sebanyak-banyaknya dua perguruan tinggi negeri, namun jika memilih dua perguruan tinggi maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Namun jika pendaftar hanya memilih satu PTN, maka pendaftar boleh memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

"Selain itu pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi," kata Prof RA Muthalib menambahkan.

Saat ini Universitas Jambi memiliki 14 Fakultas dan 88 program studi, dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar pada semester genap tahun akedemik 2017/2018 sebanyak 23.636 orang.***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018