Sengeti, Antaranews Jambi - Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno hadir dan membuka  kegiatan sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Desa (SIMDes) yang digelar di Duta Hotel Kota Jambi, Kamis (8/3) untuk memperkuat pelayanan publik  di pedesaan..

"Keuangan desa harus dijalankan dengan baik, transparan dan akuntabel. Dengan sistem yang ada baik Sistem Keuangan Desa maupun Sistem Informasi Manajemen Desa (SIMDes) akan memberikan penguatan pelayanan kepada publik di pedesaan," kata Bambang Bayu Suseno.

SIMDesa adalah aplikasi yang berisikan informasi mengenai data kependudukan, pertanahan dan profil desa. Manfaat dari sistem itu bagi pemerintah desa yakni memberikan kemudahan dan secara keseluruhan, ketiga data yakni data kependudukan, pertanahan dan profil desa  dapat diaskes secara luas.

Kegiatan yang diikuti oleh para kepala desa dan perangkat desa itu dihadiri oleh Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa Muarojambi Bustami serta pimpinan perusahaan penyelia aplikasi SIMDes Yuswar Rais.

Bambang menyatakan, saat ini terdapat beberapa pemasalahan yang ada di depan mata dan harus segera secara bersama-sama diurai. Pemerintah Kabupaten Muarojambi tidak bisa melakukan aksi dan berjalan sendiri namun perlu ada sinergitas yang dilandasi kerangka berfikir yang sama sehingga hasil yang ditargetkan bisa terealisasikan.

Pemerintah Kabupaten Muarojambi, kata dia  tidak bisa berjalan sendirian. Pemerintah  melalui  Pemberdayaan Masyarakat Desa selalu berkoordinasi dengan semua unsur untuk mewujudkan visi menuju Muarojambi Tuntas.

"Sistem yang dibuat ditujukan untuk mempermudah pemerintah desa. Sehebat apapun sistem yang ada, namun tanpa adanya dukungan sarana prasarana dan sumber daya manusianya, hasilnya bisa jadi nol besar," katanya.

Pada kesempatan itu, ia meminta pemerintah desa di daerah selalu melakukan sinkronisasi dalam gerak pembangunan dengan pemerintah daerah. Di sisi lain ia menekankan agar para kepala desa dan perangkatnya untuk meningkatkan kemampuan serta memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada untuk pelayanan kepada publik.

Selain itu, ia juga mendorong agar kepala desa selaku pimpinan pemerintahan paling depan untuk senantasa melakukan inovasi baik inovasi dari atas ke bawah maupun dari bawah ke atas sehingga terjadi perubahan yang mendasar.

Sementara itu Direktur PT Inti Mitra Cipta Karya Yuswar Rais  menyatakan SIMDes dapat diakses semua pihak. Sehingga bisa mendorong hadirnya investor baik dari dalam maupun luar negeri untuk melihat potensi yang ada di desa  itu.(Adv)

 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018