Jambi, Antaranews Jambi –  Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang dihadirkan  oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari potensial  menjadi wisata edukasi bagi masyarakat khususnya generasi muda di daerah itu.

"Kami sangat mengapresiasi kehadiran rumah pintar pemilu ini, semoga edukasi yang dipersembahkan untuk masyarakat ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilihan legislatif maupun pemilihan umum nantinya," kata Sekeretaris Daerah Kabupaten Batanghari Bakhtiar di Muarabulian, Jumat.

Bakhtiar mengatakan rumah pintar pemilu yang di buat oleh KPU daerah itu diharapkan dapat menjadi wisata edukasi pemilihan umum bagi masyarakat di daerah itu khsusnya bagi pemilih pemula.

Karena rumah pintar pemilu tersebut di rancang sedemikian rupa sehingga rumah pintar pemilu tersebut terkesan seperti musium wisata pemilu.

Rumah pintar pemilu yang di rancang oleh KPU daerah itu tidak hanya berisi seputar kegiatan pemilihan legislatif dan pemilihan umum saja, namun didalamnya juga terdapat sejarah-sejarah penyelenggaran pemilihan umum di tahun-tahun sebelumnya.

Seperti partai-partai peserta pemilihan umum dari masa-kemasa, peserta pemilihan kepala daerah serta juga terdapat miniatur simulasi pemilihan umum.

"Isi dari rumah pintar pemilu ini sangat menarik, karena di dalam rumah pintar pemilu ini tidak hanya berisi tentang simulasi pemilihan umum saja, namun juga terdapat data-data pemilihan umum dari masa ke masa," kata Bakhtiar.

Rumah pintar pemilu yang berada di kantor KPU daerah itu dapat di kunjungi oleh siapa pun, baik masyarakat maupun pelajar sebagai pemilih pemula.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018