Jambi, Antaranews Jambi – Sepekan terakhir ketinggian air Sungai Batanghari mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dalam kurun waktu 14 jam kenaikan air sungai itu mencapai 11 centimeter.

"Curah hujan yang cukup tinggi dalam sepekan terakhir merupakan penyebab utama meningkatnya ketinggian air Sungai Batanghari," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari M Nazhar di Muarabulian, Selasa.

 Menurut pantauan terakhir yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari pada Alat Pengukur Ketinggian Air (APKA) yang terdapat di dermaga pada selasa pagi, ketinggian air sungai batanghari mencapai 147 centimeter.

Berdasarkan pantauan pada senin pagi, ketinggian air sungai batanghari tersebut hanya setinggi 136 centimeter. Sementara berdasarkan pantauan yang dilakukan pada minggu pagi ketinggian air sungai batanghari hanya mencapai 91 centimeter.

Nazhar mengatakan dalam dua hari ketinggian air sungai batanghari mencapai setengah meter lebih.

BPBD daerah itu menghimbau agar masyarakat yang berada di sepanjang bantaran sungai batanghari agar lebih waspada terhadap ancaman bencana banjir maupun longsor yang biasa terjadi dimusim penghujan.

"Pasang surut air sungai saat ini tidak dapat di pastikan, mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu namun kita minta masyarakat tetap waspada terhadap peralihan cuaca yang cukup ekstrim ini," kata Nazhar menambahkan.



 

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018