Jambi (Antaranews Jambi) - Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi menggelar Festival Adat Melayu Jambi dan Semarak Islami (Famjasi) 2018 yang dipusatkan di Auditorium Gedung Prof Dr Chotib Quzwain Kampus UIN Sungai Duren di Kabupaten Muarojambi, 26-29 Maret 2018.

"Kegiatan itu sebagai upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan adat Melayu Jambi di kalangan generasi muda," kata Humas UIN Sultan Thaha Jambi S Zakiah di Jambi, Selasa.

Kegiatan yang dimotori oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM) UIN Jambi tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III Dr Hj Fadlillah sekaligus menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara atas terselenggaranya kegiatan khas tersebut.

Festival itu menampilkan berbagai lomba antara lain seni kompangan pria, tari kreasi untuk pelajar SLTA, mahasiswa dan umum, lomba vokal lagu-lagu Melayu Jambi, hijab kreasi, lomba adzan, dai serta peragaan busana muslim putra dan putri.

"Kegiatan ini terbuka untuk umum," kata Humas UIN Jambi menambahkan.

Selain kegiatan itu, UIN Jambi pekan ini juga menjadi tuan rumah Lomba Lomba Susur Halang Rintang Pramuka (LSHRP) ke-14 di Bumi Perkemahan Al-Thalabah di kawasan kompleks kampus perguruan tinggi itu, 27-31 Maret 2018.

Kegiatan lomba tersebut diikuti oleh pramuka tingkat SMA dan Madrasah Aliyah (MA) se-Provinsi Jambi.

Lomba Susur Halang Rintang Pramuka (LSHRP) ke-14 se Provinsi Jambi Tahun 2018 yang merupakan program kerja tahunan yang diadakan UIN STS Jambi yang pada tahun lalu bertransformasi dari IAIN.

Bumi Perkemahan Raudhah Al-Thalabah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi terletak Desa Sungai Duren, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi.***

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018