Jambi, Antaranews Jambi – Bupati Batanghari Syahirsah menggelar rapat pemantapan persiapan MTQ ke 48 tingkat Provinsi Jambi bersama intansi lintas sektor di arena utama MTQ yang akan di laksanakan di daerah itu.

"Rapat kali ini merupakan rapat instansi lintas sektor dalam rangka mensukseskan MTQ ke-48 tingkat Provinsi Jambi yang akan di laksanakan di Batanghari pada tanggal 19 - 28 Juli 2018," kata Bupati Batanghari Syahirsah di Muarabulian, Kamis.

Rapat tersebut membahas seluruh persiapan pelaksanaa MTQ, mulai dari persiapan fisik, persiapan pemondokan kafilah, persiapan kepesertaan kafilah hingga persiapan pembukaan MTQ dan penutupannya.

Syahirsah mengatakan seluruh panitia harus mempersiapkan sedetail mungkin persiapan MTQ tersebut guna suksesnya pelaksanaan MTQ.

Selain itu dalam rapat tersebut juga di bahas terkait regulasi aturan peserta MTQ, terutama terkait batasan umur. Pada pendaftaran peserta MTQ, nantinya seluruh peserta di wajibkan menggunakan KTP elektronik yang databasenya mengacu pada simduk dinas dukcapil provinsi jambi.

Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir terjadinya kecurangan terhadap peserta yang melebihi batas usia.

"Kita tidak ingin kecurangan-kecurangan yang terjadi pada pelaksanaan MTQ sebelumnya terulang kembali. Ajang ini merupakan ajang syiar agama islam, jangan sampai ajang ini di nodai dengan kecurangan-kecurangan," kata Syahirsah.

Nantinya peserta MTQ dari sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi akan mendaftar secara online, sehingga peserta yang tidak sesuai dengan klasifikasi aturan yang ditetapkan tidak dapat terdaftar.

Pada rapat tersebut di hadiri pihak kepolisian, TNI, Perwakilan dari kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN), Kementrian Agama Batanghari serta seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) daerah itu.

Syahirsah menekankan kepada panitia, seluruh persiapan MTQ tersebut sebulan sebelum acara sudah harus rampung.

"Sebulan sebelum pelaksanaan seluruh persiapan MTQ tersebut sudah harus rampung, sehingga dapat di evaluasi apa saja kekurangan yang harus di benahi," katanya menambahkan.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018