Jambi, Antaranews Jambi - Mahasiswa Universitas Jambi (Unja) yang tengan mengikuti kunjungan kerja nyata (Kukerta) di Kelurahan Sukakarya Kecamatan Kotabaru Kota Jambi bergotong royong  bersama warga setempat di kebun tanaman obat keluarga (toga).

"Ada lima mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini," kata Ery, Ketua RT 12 Sukakarya di Jambi, Minggu.

Kegiatan gotong royong tersebut diikuti sekitar 40 warga di lingkungan perkampungan yang tengah disiapkan menjadi kampung Bantar yang merupakan salah satu program dari Pemkot Jambi.

Para mahasiswa semester enam tersebut, terlibat aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat. Termasuk dalam membenahi kebun Toga itu.

Mereka juga ikut memanen ginseng yang ditanam oleh warga. Tanaman ginseng merupakan salah satu tanaman toga disamping tanaman obat lainnya.

Kebun toga merupakan salah satu persyaratan dari Kampung Bantar di Kota Jambi. Selain gingseng sejumlah tanaman obat yang ditanam warga adalah kencur, jage, kunyit, binahong, pohon betadin, sambong nyawa, panglay, serei, mahkota dewa serta lainnya.

Kukerta mahasiswa Unja berlangsung selama dua bulan yang difokuskan di empat daerah yakni Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Bungo dan Kabupaten Batanghari.

Menurut Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH PhD, kegiatan kukerta tersebut merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa untuk bisa berbaur di  masyarakat serta memiliki kepekaan dan merespon program, kegiatan maupun permasalahan yang ada di masyarakat.

Pada gilirannya mahasiswa sebagai agen perubahan, harus bisa memberikan solusi dan langkah-langkah kreatif dan inovatif untuk membantu masyarakat di tempat kegiatan kukerta.
 



 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018