Jambi, Antaranews Jambi - DPRD Provinsi Jambi  meminta  dinas kebudayaan dan pariwisata daerah itu mendorong biro-biro perjalanan  wisata untuk membuat paket-paket wisata ke destinasi wisata yang ada di kabupaten/kota di provinsi itu.

Selain itu menggaet biro-biro perjalanan nasional bahkan  mancanegara  untuk memasukan destinasi wisata Jambi menjadi paket perjalanan wisatanya.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Provinsi Jambi M Khairil di Jambi, Rabu.

Selain itu kata Khairil, belum terlihat upaya signifikan dari Disbudpar di tahun 2017 terkait pengusulan kawasan Percandian Muarojambi sebagai warisan dunia (word heritage) dan `Geopark` Merangin sebagai `global geopark netwotk` dari Unesco.

Baca juga: Kota Jambi berlakukan Perda penyelenggara pariwisata
Baca juga: Melestarikan Tradisi Mandi Safar Untuk Pariwisata Jambi
Baca juga: Pemerintah: Festival Sungai Batanghari Promosikan Pariwisata Jambi

Tidak hanya itu, Disbudpar kata Khairil juga belum melakukan pendataan analisa pasar pariwisata pada ajang-ajang pariwisata di kabupaten/kota di Jambi, sehingga iven kepariwisataan berbasis seni-budaya belum terintegrasi dalam satu kalender pariwisata baik skala nasional maupun internasional.

"Itu akibatnya Disbupar gagal menghadirkan ruang-ruang kreatif dan inovatif bagi pergerakan ekonomi warga berbasis seni budaya yang ada di kabupaten/kota di Jambi," katanya menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018