Jambi, Antaranews Jambi - Pemerintah Kota Jambi mengantisipasi fenomena tahunan peningkatan kebutuhan bahan pokok  menjelang  Bulan Ramadhan, Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir H Budidaya MSc membuka secara resmi rangkaian kegiatan Pasar Murah Pemerintah Kota Jambi Tahun 2018, yang dilaksanakan di pelataran Kantor Camat Paal Merah.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Jambi tersebut menyatakan bahwa inflasi harga komoditas kebutuhan pokok sering terjadi saat mendekati bulan atau hari-hari keagamaan.

"Menjelang bulan atau hari keagamaan seperti bulan Ramadhan ini, setiap orang biasanya akan menyiapkan stok sembako yang lebih banyak, sementara persediaan barang di pasaran tidak bisa mengikuti tren kenaikan permintaan barang masyarakat terhadap sembako tersebut," kata Budidaya.

Budidaya menambahkan, fenomena tahunan ini juga terus menjadi perhatian Pemerintah Kota Jambi dalam mengambil berbagai langkah serta kebijakan strategis dalam upaya menstabilkan harga dan membantu daya beli masyarakat terutama masyarakat yang berpenghasilan rendah di Kota Jambi.

Sudah menjadi tugas pemerintah untuk menjaga agar harga pasar produk sembako bisa tetap stabil, sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga, salah satu upaya kami menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan pasar murah jika sudah mendekati hari hari keagamaan khususnya menghadapi bulan Ramadhan dan Hari Raya.

Pemkot melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, memberikan subsidi harga untuk beberapa produk sembako sehingga saudara kita yang kurang mampu juga tetap bisa membeli sembako menyambut bulan Ramadhan bersama keluarganya.

"Semoga kita semua bisa menyambut datangnya bulan yang penuh berkah itu dengan senyum bahagia," tambah Budidaya.

Kegiatan pasar murah dalam menyambut bulan Ramadan ini memang telah menjadi agenda rutin tahunan Pemkot Jambi. Pemilihan lokasi pasar murah di setiap Kecamatan juga merupakan strategi untuk mengefektifkan pasar murah tersebut ditengah masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi Komari, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang disambut antusias oleh masyarakat tersebut, akan dilaksanakan disetiap wilayah kecamatan dalam Kota Jambi.

"Disperindag telah menyiapkan jumlah paket sembako bagi masyarakat Kota Jambi diseluruh kecamatan sebanyak 7.500 paket, yang akan digelar di 11 kecamatan. Untuk Kecaman Paal Merah berlangsung hari ini, sementara Kecamatan Pasar Jambi akan digelar pada tanggal 7 Mei, Kecamatan Alam Barajo tanggal 8 Mei, Kecamatan Danau Teluk dan Kecamatan pada tanggal 9 Mei, Kecamatan Kota Baru pada tanggal 15 Mei, Kecamatan Telanai Pura tanggal 17 Mei, Kecamatan Jambi Selatan tanggal 22 Mei, Kecamatan Danau Sipin tanggal 24 Mei, Kecamatan Jambi Timur tanggal 28 Mei, dan terakhir Kecamatan Jelutung akan digelar pada tanggal 30 Mei," terang Komari.

Komari menjelaskan isi paket tersebut terdiri dari 2 liter minyak sayur, 1 kg gula pasir, 1 kg tepung terigu, 1 kaleng susu kental manis dan 3 bungkus mie rebus instant dengan nilai harga normal perpaket sebesar Rp. 66.000, namun Pemkot Jambi memberikan subsidi harga sebesar Rp. 26.000, sehingga masyarakat hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp. 40.000, per paket.

Selain sembako, pada kegiatan pasar murah yang berlangsung di Kecamatan Paal Merah tersebut, juga menjual gas 3 kg sebanyak 673 tabung dengan harga normal bagi masyarakat.

Turut hadir pada pembukaan rangkaian kegiatan Pasar Murah Pemkot Jambi tahun 2018 di Kecamatan Paal Merah tersebut, Kepala OPD Pemkot Jambi, Seluruh Camat di lingkup Pemkot Jambi, Kabag Humas Setda Kota Jambi, Forkompimcam Kecamatan Paal Merah, Lurah serta RT se-Kecamatan Paal Merah.(humas)

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018