Jambi, (Antaranews Jambi)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jambi menggelar pasar murah dengan menyiapkan  750 paket sembako untuk peserta maupun masyarakat umum.

Pasar murah yang digelar di halaman kantor Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Kamis pagi itu, untuk meringankan masyarakat dan tenaga kerja dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah.

Paket sembako murah tersebut terdiri dari beras 5 kilogram, minyak goreng 4 liter, gula pasir 2 kilogram, margarin 400 gram dan susu kental manis 12 sachet atau 480 gram tersebut, telah disubsidi 50 persen dari harga jual normal di pasaran.

"Untuk satu paket sembako tersebut masyarakat dapat membelinya dengan harga Rp75.000 atau lebih murah dari harga normal yang mencapai Rp150.000," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jambi, Mayriwan Ekaputra.

Khusus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat membeli paket sembako murah tersebut hanya cukup menunjukan kartu kepesertaan.

Sedangkan bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai kepesertaan juga masih dapat membeli paket sembako murah tersebut, dengan syarat terlebih dahulu mendaftar jaminan sosial tenaga kerja dengan membawa fotokopi KTP dan membayar iuran perdana Rp16.800.

"Hanya dengan membayar iuran sebesar Rp16.800 per bulan tenaga kerja informal sudah terlindungi dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)," katanya menjelaskan.

Selain untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok itu, pasar murah tersebut juga sebagai bentuk sarana sosialisasi dan edukasi agar masyarakat mengetahui manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Melalui pasar sembako murah ini kami juga mengedukasi masyarakat bukan penerima upah untuk menjadi peserta mandiri, sehingga mereka dapat terlindungi jaminan sosial tenaga kerja," katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018