Jambi, Antaranews Jambi - Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi menggelar pelatihan keliling pengoperasian alat dan mesin pertanian (alsintan) yang berlangsung di BPP Keliling Danau Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Pembukaan pelatihan yang diikuti oleh apratur tersebut  dilakukan pada Selasa, 15 Mei 2018.

"Kegiatan itu  merupakan program quick wins Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi tahun 2018,"  kata Widyaiswara BPP Jambi Lisa Marianah, Rabu.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci Radium membuka kegiatan tersebut yang juga dihariri oleh Sekretaris Dinas Manzardi, Badan Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi serta koordinator BPP Kabupaten Kerinci. Pelatihan ini merupakan kerja saa antara BPP Jambi dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura  Kabupaten Kerinci.

Pelatihan tersebut difokuskan pengenalan dan cara pengoperasian alat dan mesin pertanian atau alsintan terbaru, sehingga bisa meningkatkan efektifitas dan produktifitas pertanian di daerah itu.

Dengan penekanan pelatihan tersebut, para peserta akan mendapat materi teoritis klasik di dalam kelas, serta praktik lapangan penggunaan alsintan. Mereka mendapat materi dari widyaiswara BPP Jambi, salah satunya widyaiswara Yakmar SP MP.

Pelatihan itu untuk mengapliksasikan  pengetahuan tentang alsintan dari teori melalui praktik langsung . Peserta mendapat pengenalan  cara kerja atau pengoperasian alsintan yang merupakan bagian dari penerapan teknologi pertanian. Tujuanna meningkatkan kompetensi penyuluh pertanian di bidang alsintan  dalam rangka pendampingan optimalisasi pemanfaatan alsintan di tingkat petani.

Balai Pelatihan Pertanian Jambi juga membuka kesempatan dan pelayanan bagi masyarakat dunia pertanian yang ingin mengenal dan mempelajari apapun mengenai dunia pertanian khususnya teknologi pertanian yang ada di BPP Jambi.***
 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018