Jambi (Antaranews Jambi) - Wakil Bupati Muarojambi H Bambang Bayu Suseno menyatakan wilayah kabupaten itu merupakan "kota bercabang tiga" jalur mudik dan balik lebaran 2018 karena mengakses ke tiga jalur utama lintas Sumatera sehingga akan menjadi kawasan cukup padat pada prosesi tahunan itu.

"Dengan kondisi daerah persimpangan cabang tiga tentunya jalur di Muarojambi cukup padat saat arus mudik nanti, baik lintas provinsi maupun lokal. Ini berpengaruh terhadap karakter dan situasi kamtibmas di daerah ini," kata Wakil Bupati Bambang Bayu Suseno di Jambi, Rabu.

Posisi geografis Kabupaten Muarojambi sebagai "Kota Bercabang Tiga" karena daerah itu merupakan persimpangan menuju tiga jurusan jalur utama di Sumatera yakni jalur utara jalur utama menuju Riau dan Medan dan Nangroe Aceh Darussalam, lintas tengah menuju Sumbar dan Bengkulu serta jalur timur menuju ke Palembang dan Lampung.

Bambang Bayu Suseno berharap pelaksanaan kegiatan mudik dan balik lebaran 2018 berlangsung aman dan kondusif, tak hanya di Jambi namun di seluruh Indonesia.

"Saya mengharapkan semoga arus mudik dan balik tahun ini lancar dan kondusif," katanya.

Ia meminta kepada aparat terkait yang terlibat dalam pengamanan jalur baik Polri, DLLAJ dan institusi pendukung lainnya agar dapat bekerja semaksimal mungkin. Hendaknya pengalaman dan hasil evaluasi pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2018 dalam pengaturan arus lalu lintas menjadi hal yang bisa meningkatkan pengamanan tahun ini.

"Selain kesiagaan dari aparat, bagi masyarakat yang mudik lebaran juga agar selalu berhati-hati di perjalanan dan mempersiapkan perjalanan dengan baik," kata Wakil Bupati Muarojambi itu menambahkan.

Untuk memantau pengamanan arus mudik dan balik lebaran, serta pengamanan lebaran 2018, Wakil Bupati Muarojambi H Bambang Bayu Suseno (BBS) menghadiri telekonpren pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2018 yang digelar di Mapolda Jambi, Selasa.

Selain Wakil Bupati Bambang Bayu Suseno juga hadir Bupati Batanghari H Sahirsyah, Wabup Tanjung Jabung Barat H Amir Syakib Dinas Kesehatan, Jasa Raharja, BMKG serta lainnya. Perwakilan daerah perlintasan arus mudik juga hadir pada kegiatan itu.

Kegiatan telekonpren tersebut diikuti oleh Polda-Polda yang wilayahnya akan dilintasi oleh arus mudik dan balik lebaran, sekaligus juga untuk memastikan kesiapan pengamanan Lebaran 2018 di seluruh daerah di Indonesia.

Bagi Kabupaten Muarojambi dan Polres Muarojambi sebagai daerah yang dilalui jalur arus mudik dan balik Lebaran kegiatan itu sangat penting. Sejumlah Posko Pengamanan (Pospam) didirikan di titik-titik strategis dan rawan kecelakaan jalur itu mulai dari jalur di wilayah itu hingga perbatasan daerah.***

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018