Jambi (Antaranews Jambi) - Dinas Kesehatan Kota Jambi menyebutkan terdpat empat unit pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di kota itu membuka layanan 24 jam untuk memberikan pelayananan kepada masyarakat selama libur dan cuti Lebaran 2018.

"Ada empat puskesmas yang melayani pasien 24 jam selama liburan lebaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi  Ida Yuliati di Jambi, Rabu.

Ke-empat puskesmas yang melayani 24 jam itu  adalah Puskesmas Putri Ayu dan Puskesmas Talang Bakung dan dua unit puskesmas yang terletak di jalur mudik, yakni Puskesmas Paal 10 dan Puskesmas Pakuan Baru.

Puskesmas yang membuka layanan 24 jam selama liburan lebaran itu memiliki layanan rawat inap dan layanan instalasi gawat darurat (IGD).

Selain itu kata Ida, juga terdapat 20 puskesmas di Kota Jambi yang akan buka, namun sifatnya jaga dan siaga melayani masyarakat.

"Petugas kesehatan tidak ada cuti, hanya saja kami menerapkan sistem bergiliran sehingga pelayanan kesehatan masyarakat tidak terganggu selama libur lebaran," katanya menjelaskan.

Pihaknya juga menjamin ketersediaan obat-obatan dan juga mobil ambulans yang siap sedia  berikut sopir dan tenaga medisnya.

"Pasien yang sifatnya gawat darurat dan harus dibawa ke rumah sakit kami sediakan ambulans, dan yang membutuhkan layanan ambulan cukup menghubungi nomor 119," katanya menambahkan.


 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018