Jambi (Antaranews Jambi) - Aktivitas arus balik di Terminal Tipe A Alam Barajo Kota Jambi, Selasa (H+4) lebaran terpantau aman dan lancar atau tidak terjadi lonjakan penumpang pada pemberangkatan maupun kedatangan bus antar provinsi (AKAP) dan antar kabupaten/kota (AKDP).
    
Pantauan Antara di Terminal terbesar di provinsi itu, aktivitas turun naik penumpang hanya terlihat beberapa bus saja, begitu juga di loket-loket angkutan.
    
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra mengatakan tidak ada lonjakan penumpang pada arus balik maupun mudik tahun ini sehingga semua penumpang di Terminal Alam Barajo khususnya terlayani dengan baik.
    
Varial mengatakan pada angkutan lebaran 2018 ini, bis angkutan yang beroperasi sebanyak 310 unit untuk AKAP dan 600 unit untuk AKDP.
    
"Kemudian ada cadangan bus 13 unit untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan balik di Jambi. Tapi sepertinya lonjakan tidak terjadi dan semua penumpang terlayani," katanya menambahkan.
    
Sementara pantauan di jalur-jalur mudik pada arus balik yang melewati Jambi khususnya di jalan lintas sumatera juga terpantau aman dan lancar.
    
Jalur mudik yang melintasi Jambi seperti ruas jalan Riau-Padang, Riau Sumsel dan Padang-Sumsel serta sebaliknya tidak terlihat padat lalu lalang kendaraan bis angkutan maupun pribadi baik yang tiba maupun keluar dari Jambi.
    
Sebelumnya Kepala BPTD Wilayah V Provinsi Jambi, Firdaus Rasyad mengatakan wilayah Jambi hanya sebagai lintasan saja bagi pemudik asal padang ke Riau dan sebaliknya dan Padang ke Sumsel dan sebaliknya serta Sumsel-Riau dan sebaliknya.
    
"Peningkatan arus balik tidak terlalu signifikan karena ruas jalan Jambi hanya lintasan saja, ada juga bus-bus dari Pulau Jawa yang hanya melintas ruas jalan di Jambi," kata Firdaus.***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018