Jambi,  (Antaranews Jambi) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat nilai impor Provinsi Jambi pada April 2018 turun sebesar 9,38 persen dibanding bulan sebelumnya yaitu dari 8,08 juta dolar AS menjadi 7,31 juta dolar AS.

Kepala BPS Jambi Dadang Hardiawan di Jambi Kamis, mengatakan nilai impor Jambi pada April lalu senilai 7,31 juta dolar AS ata turun dibanding bulan sebelumnya dimana penurunan impor dipicu oleh turunnya nilai impor pada seluruh kelompok kecuali kelompok hasil industri dan Lainnya.

Impor Provinsi Jambi melalui tiga pelabuhan laut utama di Jambi yaitu pelabuhan Talang Duku Jambi, Muara Sabak dan Kuala Tungkal serta pelabuhan udara Bandara Sultan Thaha.

Dadang mengatakan, bila dilihat dari perannya pada periode sampai dengan April 2018, impor dari kelompok mesin dan alat angkutan memberikan kontribusinya sebesar 45,86 persen dari total impor.

Kemudian diikuti peran dari kelompok hasil industri dan lainnya yaitu sebesar 35,64 persen dan impor kelompok bahan kimia dan sejenisnya yang memberi kontribusi sebesar 16,75 persen.

Untuk kelompok komoditi makanan dan sejenisnya berperan sebesar 1,72 persen dan kelompok komoditi karet dan sejenisnya hanya berperan 0,03 persen.

Perkembangan nilai impor Provinsi Jambi pada April 2018 dari negara-negara pengimpor utama yakni untuk transaksi impor terbesar pada April lalu adalah dari negara Kanada yang mencapai 59,74 persen disusul dari Tiongkok yaitu sebesar 18,55 persen.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018