Jambi (Antaranews Jambi)- Pengelola Bandara Sultan Thaha Jambi mencatat, jumlah penumpang dalam penyelenggaran angkutan lebaran yang melalui bandara tersebut mencapai 101.841 orang penumpang pada H-8 hingga H+8 Lebaran 2018.

"Periode angkutan lebaran 2018 untuk data pergerakan penumpang mencapai 101.841 orang, baik yang datang dan berangkat," kata Junior Manager Opersional dan Pelayanan pada Bandara Sultan Thaha Jambi Asep Kurniawan di Jambi, Senin.

Berdasarkan data posko angkutan lebaran di bandara tersebut, dari total jumlah pergerakan penumpang arus mudik dan balik itu terdiri dari penumpang sebanyak 51.053 penumpang dan penumpang datang sebanyak 50.788 penumpang.

Sedangkan untuk pergerakan jadwal penerbangan yang mengangkut penumpang dalam momen arus mudik dan lebaran tersebut mencapai 811 jadwal penerbangan dengan tujuan dari dan ke Jambi. 

Jumlah penumpang (passenger) yang menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Sultan Thaha Jambi pada arus mudik dan lebaran tahun ini mengalami penurunan 4,92 persen atau pada tahun sebelumnya tecatat mencapai 107.111 penumpang.

Dalam meningkatkan kenyamanan penumpang, pihak Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Sultan Thaha Jambi mengimbau kepada para pemudik yang akan menggunakan jasa penerbangan diharapkan tiba di bandara (check in) minimal satu jam sebelum keberangkatan jadwal penerbangan.

"Secara keceluruhan untuk penyelenggaran angkutan lebaran di Bandara Sultan Thaha Jambi relatif normal," kata dia.

Sementara itu, salah seorang penumpang di Bandara Sultan Thaha Jambi, Ahmad Kuncoro  mengatakan, memilih mudik dengan  menggunakan moda trasportasi udara karena alasan lebih cepat dan menghemat waktu perjalanan.

"Saya memilih mudik menggunakan pesawat karena waktu sampai lebih cepat kampung sehingga waktu liburan di kampung juga lebih lama," kata Ahmad yang sebelumnya mudik ke kampung halamannya di daerah Jawa Tengah itu.

Di Bandara Sultan Thaha setiap harinya melayani 42 jadwal penerbangan domestik dari dan ke Jambi dengan tujuan ke berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu terdapat sejumlah maskapai penerbangan yang beroperasi melayani penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya, Nam Air, Wings Air.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018