Jambi (Antaranews Jambi) - Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Kerinci, Provinsi Jambi mengikuti zikir bersama Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS dalam rangka mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan bermartabat di daerah itu.
    
Selain tiga pasangan calon, zikir dan dialog bersama Kapolda Jambi yang digelar di Masjid Nurul Amin Polres Kerinci, Selasa siang itu juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ketua MUI Kerinci, Ketua Lembaga Adat Kerinci, tokoh agama dan tokoh masyarakat daerah setempat.
    
"Dengan zikir ini, dari aspek religius, di hadapan Allah SWT kita berjanji untuk menjadikan Pilkada Kerinci aman dan damai karena itu faktor yang sangat menentukan dalam pembangunan daerah termasuk untuk investasi," kata Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS.
    
Muchlis menegaskan bahwa semua daerah punya potensi gangguan keamanan, namun dengan upaya dan kerja keras seluruh pihak secara bersinergi, semua daerah harus aman.
    
Muchlis menjelaskan, Polda Jambi telah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait dan berbagai upaya untuk mempersiapkan agar Pilkada di tiga daerah di Jambi yakni Kerinci, Kota Jambi dan Kabupaten Merangin aman dan damai.
    
Kapolda juga mengatakan dua hari lalu dirinya mengumpulkan seluruh putra Kerinci yang ada di Polda Jambi sebanyak 80 orang. Dari jumlah itu diseleksi dan 33 orang ditugaskan dalam pengamanan Pilkada Kerinci.
    
"Hal ini sengaja diambil sebagai upaya untuk turut meningkatkan kedekatan personil Polri dengan masyarakat, tentunya dalam upaya menciptakan suasana yang kondusif," kata Kapolda.
    
Kapolres Kerinci AKBP Dwimulyanto menyebutkan Polres Kerinci telah melakukan berbagai upaya preventif untuk mengantisipasi gangguan keamanan terhadap Pilkada Kerinci, namun selain itu juga dilakukan doa bersama untuk memohon restu dari Allah SWT.
    
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto dikesempatan itu mengajak mengajak seluruh pihak untuk mewujudkan Pilkada di Jambi damai dan bermartabat.
    
"Kita inginkan Pilkada tahun ini terutama di Kerinci adalah Pilkada yang damai, aman dan bermartabat," ujarnya.
    
Selama ini, kata Dianto Kerinci menjadi barometer setiap Pilkada bahkan itu sudah sampai ke pemerintah pusat. Sebab itu Kapolda Jambi sengaja turun langsung ke Kabupaten Kerinci.
    
"Dengan mengumpulkan seluruh paslon yang akan mengikuti Pilkada Kerinci serta semua tokoh masyarakat, alim ulama, cerdik pandai, KPU dan Bawaslu mengikuti zikir dan doa bersama, kita berharap Pilkada Kerinci aman, damai dan bermartabat," katanya lagi.
    
Dianto menambahkan, meskipun selama ini Kerinci dianggap rawan dalam kemananan Pilkada, namun hal tersebut bisa diubah dan diperbaiki tentunya dengan niat yang baik dari semua pihak dengan menjalankan seluruh tahapan Pilkada sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018