Jambi, Antaranews Jambi - Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno memimpin rapat koordinasi instansi terkait dengan pengusaha baru bara, aparat pemerintahan desa dan kecamatan di jalur yang dilintasi angkutan truk batu bara di wilayah Kabupaten Muarojambi.

Kegiatan yang berlangsung Senin (2/7) sejak pukul 10.30 WIB itu dihadiri oleh Waka Polres Muarojambi Kompol Lukman, Asisten Perekonomian David Rozano, Kajati Sengeti, perwira penghubung Kodim 0415 Batanghari Mayor Wawan, Kasie Intel Muarojambi, Kapolsek Kumpeh dan Kapolsek Jaluko.

Pertemuan lengkap tersebut membahas tentang angkutan batu bara yang melintas di jalur jalan di wilayah Muarojambi.

Wabup Muarojambi H Bambang Bayu Suseno  menyebutkan, rapat fokus memproses hal-hal yang menjadi masalah di jalur dan diharapkan memberikan titik terang penyelesaian masalah. Menurut dia Perda Nomor 13 tahun 2012 tentang jaur khusus.

"Ada beberapa point yang dicatat, pengusaha batu bara harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan, untuk membangun jalan khusus untuk pengangkut batubara," katanya.

Ia menyebutkan, sejumlah permasalahan yang dikeluhkan masyarakat perlu segera mendapat penyelesaian. Oleh karena itu, pihaknya mengumpulkan dan mendengarkan masukan dari berbagai pihak baik masyarakat, pengusaha batu bara dan aparat pemerintahan di daerah yang dilintasi.

Sementara itu perwakilan dari Forum Kepala Desa M Wono berharap pertemuan itu bisa memberikan penyelesaian masalah yang dihadapi oleh masyarakat terkait beroperasinya angkutan truk batubara di jalan raya.

Hal sama juga diungkapkan oleh perwakilan warga yang berharap segera disediakan jalan khusus untuk truk batu bara dan tidak berhenti di atas jembatan.

"Masyarakat mengeluh terkait pengangkutan batu bara itu, dan sudah cukup bersabar," katanya.

Pada kesempatan itu perwakilan pengusaha batu bara dan angkutan batubara juga menyampaikan masukanya dalam pertemuan itu, terutama terkait dengan kepadatan arus lalu lintas di jalur itu. Mereka juga menyampaikan beberapa argumen. Mereka sama-sama berharap pertemuan-pertemuan yang digelar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018