Jambi, Antaranews Jambi - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Batanghari akan menjalani tiga tahapan manasik haji. 

"Tiga tahapan manasik haji tersebut dilakukan di tingkat kecamatan dan kabupaten," kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Batanghari Herman di Muarabulian, Jum'at. 

Herman mengatakan untuk manasik haji di tingkat kecamatan sudah dilaksanakan pada tanggal 5 juli yang lalu. Pelaksanaan manasik haji di tingkat kecamatan tersebut di bagi dalam dua wilayah, yakni wilayah timur dan barat. 

JCH asal kecamatan Muarabulian, Pemayung, Batin XXIV, Bajubang termasuk dalam kecamatan wilayah barat. Dan JCH asal Kecamatan Muaratembesi, Mersam, Maro Sebo Ilir dan Maro Sebo Ulu termasuk dalam kecamatan wilayah timur. 

Untuk manasik haji di tingkat kabupaten terbagi dalam dua penyelenggara. Pertama manasik haji tingkat kabupaten yang di selenggarakan oleh Kantor Kementrian Agama dan manasik haji tingkat kabupaten yang di selenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). 

"Manasik haji oleh kemenag akan di laksanakan pada tanggal 16-17 juli 2018," kata Herman. 

Pada tahun 2018 ini akan ada 129 JCH asal batanghari yang akan menunaikan ibadah haji di tanah suci makkah. 

JCH asal batanghari akan di berangkatkan dari daerah itu menuju asrama haji provinsi jambi pada tanggal 8 agustus mendatang. Dan pada tanggal 9 agustus JCH asal daerah itu akan di berangkatan menuju Provinsi Batam yang selanjutnya langsung menuju Negara Arab Saudi. 

"JCH asal batanghari tergabung dalam kelompok terbang ke 21, tergabung dalam embarkasi batam gelombang ke 2," kata Herman menambahkan. 


 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018