Jambi (Antaranews Jambi) - Sebanyak 612 Calon Jamaah Haji asal Kota Jambi mengikuti kegiatan Bimbingan Manasik Haji yang berlangsung di Gedung Asrama Haji Kota Jambi, Selasa pagi (10/7) yang dibuka  Wali Kota Jambi DR H Syarif Fasha.

"Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima, diwajibkan bagi mereka yang mampu. Mampu dari berbagai aspek, baik finansial, fisik yang baik, serta kondisi mental yang sehat," kata Fasha.

Ibadah itu, kata dia sangat didambakan oleh setiap muslim diseluruh penjuru dunia. Dan warga Kota Jambi itu diberi kelapangan dan kesempatan, serta kesehatan untuk menunaikan ibadah haji.

Kegiatan tersebut dimanfaatkan Fasha untuk berbagi pengalaman dirinya dahulu saat menjalankan ibadah haji.

"Perjalanan haji merupakan suatu ibadah yang memerlukan ketahanan fisik dan mental yang tangguh. Berbagai persiapan harus kita siapkan untuk kesempurnaan ibadah. Namun yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan mental dan keikhlasan kita. Kita harus siap meninggalkan urusan dunia. Ikhlaskan keluarga, jabatan dan harta, serahkan dan titipkan seluruhnya pada Allah SWT," jelas Fasha

Diakhir sambutannya, Wali Kota Fasha pun turut mendoakan seluruh calon Jamaah Haji dari Kota Jambi agar dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar selama di tanah suci.

"Saya atas nama Pemkot Jambi dan seluruh warga masyarakat Kota Jambi mendoakan, semoga seluruh jamaah haji diberi kelancaran, kesehatan dan kehusyu'an dalam menjalankan ibadah haji selama di tanah suci. Selamat perjalanan pergi dan kembali pulang ke tanah air menjadi haji yang mabrur," harap Fasha.

Sebelumnya, Kepala Kantor Agama Kota Jambi H Rusli Adam dalam laporannya menyebutkan bahwa, 612 orang calon jamaah haji Kota Jambi, terdiri dari 261 orang laki-laki dan 351 orang perempuan. Mereka akan terbagi dalam 3 kloter (kelompok terbang), yaitu Kloter 20 sebanyak 442 orang, Kloter 22 sebanyak 144 orang, dan Kloter 26 sebanyak 26 orang.

"Jamaah haji Kota Jambjli yang tergabung dalam Kloter 20, 22 dan 26, akan berangkat ketanah suci melalui Embarkasi Batam. Sebelumnya pada tanggal 7 Agustus nanti, Kloter pertama akan dilepas langsung oleh Bapak Wali Kota Jambi," kata Kandepag Kota Jambi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Rusli Adam turut mengapresiasi upaya Pemkot Jambi dibawah kepemimpinan H Syarif Fasha yang telah menginisiasi pembangunan Gedung Siskohat (Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu) Kota Jambi, yang berlokasi di Kantor Kementerian Agama Kota Jambi.

Menurutnya, bangunan yang merupakan satu-satunya ada di Provinsi Jambi tersebut, telah memberikan manfaat yang besar dan kemudahan dalam proses pelayanan haji di Kota Jambi.

"Perlu kami informasikan kepada Calon Jamaah haji sekalian, bahwa di Kota Jambi telah ada Gedung Siskohat berkat bantuan Wali Kota Jambi. Alhamdulillah dengan adanya Siskohat, mempersingkat durasi waktu pelayanan pendaftaran haji bagi calon jamaah haji yang selama ini memakan waktu 3-4 hari, namun sekarang selesai hanya dalam waktu 30 menit saja," pungkasnya

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018