Jambi, Antaranews Jambi - Sepekan menjelang perhelatan  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 48 Provinsi Jambi di Kabupaten Batanghari, Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan fogging di lokasi pemondokan kafilah. 

"Ada sekitar tujuh titik lokasi pemondokan kafilah yang di lakukan fogging," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Manular (P2PM) Dinas Kesehatan Batanghari Prihadi di Muarabulian, Selasa. 

Fogging yang dilakukan tersebut ialah fogging Sebelum Masa Penularan (SMP). Tujuannya untuk memberikan rasa aman kepada kafilah dari sebelas kabupaten dan kota. 

Sekitar 110 rumah yang dijadikan pemondokan kafilah di fogging SMP, Foging tersebut di lakukan secara bertahap. Dalam satu hari dilakukan di satu kawasan lokasi pemondokan. 

"Pada hari ini kita lakukan fogging di komplek sma, sebelumnya telah dilakukan di komplek air panas dan perumnas. Selanjutnya akan kita lakukan fogging di rusun STIE," kata Prihadi. 

Foging tersebut juga akan di lakukan di pemondokan dewan hakim dan lokasi-lokasi perlombaan. Seperti di masjid-masjid dan arena utama gelaran MTQ tersebut dilaksanakan. 

Selain lakukan fogging Dinkes daerah itu juga melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) terhadap rumah makan dalam Kecamatan Muarabulian. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan warung makan tersebut sehat dan aman untuk di konsumsi. 

IKL yang dilakukan terhadap rumah makan tersebut diantaranya melakukan pengecekan terkait kebersihan, kelembaban, bahan baku makanan, cara pengelolaan, tempat penyimpanan makanan serta pengelolaan sampah atau limbah.

"Rumah makan yang telah dilakukan inspeksi diberi stiker tanda bahwa makanan di rumah makan tersebut aman untuk di konsumsi," kata Prihadi menambahkan. 

MTQ ke-48 Provinsi Jambi di daerah itu akan di selenggarakan dari tanggal 19 Juli 2018 sampai dengan 28 Juli 2018. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018