Jambi, Antaranews Jambi - Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari siagakan ratusan tenaga kesehatan guna mensukseskan MTQ ke 48 Provinsi Jambi di daerah itu. 

"Lebih dari 200 tenaga kesehatan yang kita siagakan, terdiri dari perawat dan dokter," kata Kepala Dinas Kesehatan Batanghari dr Elfie Yennie di Muarabulian, Rabu. 

Tenaga kesehatan yang di siagakan oleh dinas kesehatan daerah itu akan bertugas di posko-posko kesehatan yang di tempatkan di pemondokan kafilah, pemondokan dewan hakim, lokasi pameran dan arena utama MTQ ke 48 di daerah itu. 

dr Elfie mengatakan ada 19 tim kesehatan MTQ yang telah di persiapkan. 19 tim kesehatan tersebut merupakan tenaga kesehatan yang berasal dari puskesmas yang ada di daerah itu. 

"Selain melibatkan puskesmas, kita juga melibatkan rumah sakit, sehingga setiap puskesmas dan rumah sakit bertanggung jawab terhadap satu posko kesehatan," kata dr Elfie Yennie. 

Selain itu, setelah kafilah dari sebelas kabupaten dan kota tiba di daerah itu, petugas kesehatan akan melakukan cek kesehatan terhadap kafilah tersebut. Cek kesehatan tersebut dilakukan agar kesehatan kafilah terpantau. Jika terdapat kafilah dalam keadaan tidak sehat dapat segera di tangani oleh petugas kesehatan.  

Kedatangan kafilah dari sebelas kabupaten dan kota tersebut terbagi dalam dua waktu. Pada tanggal 19 juli 2018 kedatangan kafilah dari wilayah barat yang terdiri dari Kabupaten Kerinci, Sungai Penuh, Merangin, Sarolangun, Tebo dan Kabupaten Muara Bungo. 

Pada tanggal 20 juli 2018 kedatangan kafilah dari wikayah timur yang terdiri dari Kabupaten Tanjab Barat, Tanjab Timur, Muaro Jambi, Batanghari dan Kota Jambi. 

MTQ ke 48 Provinsi Jambi yang di selenggarakan di daerah itu akan berlangsung dari tanggal 19 juli 2018 sampai dengan 28 juli 2018. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018