Jambi (Antaranews Jambi) - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak dengan cara E-Voting di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi tahun ini akan dibagi menjadi tiga wilayah secara bertahap.

"Pilkades serentak dengan sistem E-Voting tahun ini dibagi tiga wilayah, yang diikuti oleh 39 desa dari sepuluh kecamatan yang ada," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sarolangun, Mulyadi di Sarolangun, Kamis.

Ia mengatakan, untuk wilayah satu dimulai tanggal 30 Juli yaitu kecamatan sarolangun diikuti oleh desa Bernai Dalam dan Desa Tingting dan Kecamatan Pelawan, Desa Pulau Aro, Kecamatan Air Hitam, Desa Baru dan Mentawak Ulu.

Berikutnya Kecamatan Bathin VIII Desa Bangun Jayo, dan kecamatan singkut yaitu desa Pasar Singkut, Sungai Gedang dan Desa Payo Lebar.

"Totalnya untuk wilayah satu ada sembilan desa," katanya.

Selanjutnya untuk wilayah dua terdapat lima belas desa, dimulai tanggal 2 agustus terdari Kecamatan Batang Asai diikuti desa Bukit Kalimau Ulu, Pulau Salak Baru, Padang Jering, Kasiro Ilir, dan Tambak Ratu.

Kecamatan Limun diikuti Sesa Lubuk Bedorong, Pulau Pandan, Temenggung, Ranggo, Panca Karya, dan Meribung.

"Dan selanjutnya untuk wilayah dua Kecamatan Cermin Nan Gedang yaitu Desa Teluk Rendah, Lubuk Resam, Teluk Tigo dan Desa Sekamis," kata Mulyadi.

Berikutnya untuk wilayah tiga ada lima belas desa yaitu dari Kecamatan Pauh diikuti Desa Batu Ampar, Pangedaran, Kasang Melintang, Lamban Sigatal, Seko Besar, Taman Bandung dan Desa Batu Kucing.

"Dan Kecamatan Mandiangin diikuti Desa Rangkiling, Rangkiling Simpang, Guruh Baru, Gurun Tuo, Gurun Tuo Simpang, Kertopati, Muaro Ketalo dan Desa Jati Baru," katanya.

Ia menjelaskan, terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut segala persiapan saat ini hampir dipastikan tidak ada kendala yang dapat menghambat pelaksanaan pilkades itu.

Persiapan saat ini seluruhnya hampir rampung, baik untuk peralatan E-Voting maupun teknis lainnya, sosialisasinya pun sudah selesai kita lakukan mulai dari tingkat Kabupaten, kecamatan hingga ditingkat desa itu sendiri.

Untuk jumlah peralatan yang kita perlukan yaitu sebanyak 28, tapi yang ada sekarang sudah ada 30 unit, kita mohon dukungan semua pihak agar pelaksanaan pilkades ini berjalan lancar dan terlaksana sesuai dengan apa yang kita harapkan, katanya menambahkan.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018