Jambi (Antaranews Jambi) - PT Perkebunan Nusantara (Persero) Holding  yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6  meluncurkan program bedah rumah warga di Kota Jambi dan di Kabupaten Tanjungjabung Barat yang tidak layak huni dalam rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2018.
    
Ketua Panpel BHUN dan SMN 2018 PIC PTPN3 (Holding)-, OK M Irfan Ichlas saat meluncurkan program bedah rumah tersebut, Jumat, mengatakan program tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian PTPN 6 kepada warga di sekitar wilayah kerja perusahaan.
    
"Ini bentuk perhatian PTPN 6 dalam rangka program BUMN Hadir Untuk Negeri," katanya saat launching dimulainya pembangunan bedah rumah tersebut di RT 17, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Lingkar Selatan, Kota Jambi.
    
OK M Irfan Ichlas mengatakan rumah Andi di RT 17 itu akan dibangun semi permanen. Yakni setengah menggunakan dinding bata dan setengah papan.
Ketua Panpel BHUN dan SMN 2018 PIC PTPN3 (Holding)-PTPN 6, OK M Irfan Ichlas melihat kondisi dalam rumah Andi, Jumat (3/8). (Dodi Saputra)

Selain itu kamar tidur, kamar mandi dan MCK serta teras depan juga akan dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah yang mendapat program bedah rumah PTPN 6 tersebut.
    
"Kita lihat rumah ini tidak layak huni lagi, jadi melalui program BHUN kita perbaiki agar menjadi rumah sehat," ujarnya.
    
Pemilik rumah, Andi didampingi istri dan ketiga anaknya mengatakan selama ini sudah ada niat mereka untuk memperbaiki rumah itu, namun karena keterbatasan biaya rehabpun tak kunjung terlaksana.
    
"Saya sebagai kepala keluarga sangat berterimah kasih adanya bedah rumah oleh PTPN 6 ini, saya sangat senang sekali karena selama ini saya belum mampu memperbaiki tempat tinggal kami ini," ujarnya.
    
Andi yang bekerja sebagai marketing di salah satu perusahaan di Jambi itu mengaku sudah berupaya mengumpulkan uang untuk memperbaiki tempat tinggalnya mengingat tiga anaknya butuh kenyamanan.
    
"Yang jelas saya beserta keluarga sangat bersyukur sekali dan mudah-mudahan PTPN 6 ke depan tetap jaya dah usaha perusahaan tetap lancar," ujarnya.
Ketua Panpel BHUN dan SNM 2018 PIC PTPN3 (Holding)-PTPN 6, OK M Irfan Ichlas melihat kondisi dapur rumah Andi, Jumat (3/8). (Dodi Saputra)
   
Setelah mengunjungi kediaman Andi, rombongan PTPN 6 bertolak ke rumah Mbah Sentot (60) yang berlokasi di Jalan Lingkar Barat, Kecamatan Kota Baru atau tak jauh dari Kantor PTPN 6 Jambi.
    
Di rumah Mbah Sentot, Ketua Panpel BHUN dan SNM 2018 PIC PTPN3 (Holding)-PTPN 6, OK M Irfan Ichlas mengatakan selain bedah rumah menjadi rumah sehat, rumah Mbah Sentot juga akan dilengkapi dengan ampere listrik.
    
"Rumah Mbak Sentot ini belum dilengkapi kamar mandi dan MCK, melalui bedah rumah kita lengkapi semua termasuk ampere listrik. Karena selama Mbah Sentot tinggal di sini penerangannya hanya menumpang dengan rumah sebelah itupun hanya satu lampu," kata OK M Irfan.
Ketua Panpel BHUN dan SMN 2018 PIC PTPN3 (Holding)-PTPN 6, OK M Irfan Ichlas saat tiba di rumah Mbah Sentot, Jumat (3/8). (Dodi Saputra)
   
Ok M Irfan mengatakan bedah rumah warga yang tidak layak huni itu ada dua unit di Kota Jambi dan empat unit di Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjungjabung Barat.
    
"Nanti warga yang mendapat bantuan program bedah rumah PTPN 6 akan diundang menghadiri upacara 17 Agustus yang dipusatkan di PTPN 6 kawasan Ness, Kabupaten Muarojambi bersama semua BUMN di Jambi," katanya.
    
OK M Irfan menambahkan, selain program bedah rumah, BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Jambi juga ada sekitar 14 kegiatan lainnya antara lain berupa kegiatan bersama masyarakat terkait pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti pembangunan MCK, elektrifikasi, sarana air bersih, peduli sarana masyarakat SD, pendirian taman bacaan, kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kegiatan padat karya.
    
Selain itu juga akan digelar kegiatan jalan sehat di Kota Jambi serta pelaksanaan upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 RI yang akan dipusatkan di Lapangan PTPN VI di kawasan Ness Kabupaten Muarojambi.
Ketua Panpel BHUN dan SMN 2018 PIC PTPN3 (Holding)-PTPN 6, OK M Irfan Ichlas melihat kondisi kamar tidur Mbah Sentot, Jumat (3/8). (Dodi Saputra)
  
Sementara itu, Mbah Sentot mengaku senang mendapat program bedah rumah dari PTPN 6 dalam rangkaian BHUN.
    
"Ya senang rumah direhab, saya berterima kasih dengan PTPN 6 dan mudah-mudahan ke depan usahanya terus meningkat," kata Mbah Sentot.
 
Ketua Panpel BHUN dan SMN 2018 PIC PTPN3 (Holding)-PTPN 6, OK M Irfan Ichlas mengecek kondisi belakang rumah Mbah Sentot, Jumat (3/8). (Dodi Saputra)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018