Jambi, (Antaranews Jambi) - Sebanyak 23 peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Provinsi Maluku Utara (Malut) menyatu dengan suasana markas Korem 042/ Garuda Putih Jambi di sela mengikuti materi bela negara dan wawasan nusantara dari para perwira setempat, Rabu.

Kegiatan kunjungan SMN Maluku Utara (Malut) ke Jambi merupakan salah satu rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2018 di Provinsi Jambi yang difasilitasi PTPN II (Persero) Holding diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 selaku pelaksana BHUN 2018 di Jambi.

Direktur Utama PTPN6 M Abdul Ghani yang tim SMN dan BHUN 2018 Jambi yang juga Kasubag Pengadaan PTPN6 Saili, mengatakan peserta SMN asal Maluku Utara yang tiba di Jambi, Selasa petang, langsung diserahkan ke Korem 042 Garuda Putih untuk mendapatkan pembekalan dan materi tentang wawasan nusantara sebelum melanjutkan rangkaian kegiatan lainnya sejumlah lokasi di Jambi.

"Peserta SMN 2018 dari Maluku Utara mendapatkan pembekalan dan pembelajaran materi dari TNI khususnya dari anggota Korem 042/Gapu. Mereka mendapatkan pengenalan tentang bela negara, satuan TNI dan lainnya. Selanjutnya akan dikembalikan lagi ke panitia BHUN yakni PTPN guna melanjutkan rangkaian kegiatan berikutnya," kata Saili.

Sementara itu Danrem 042/Gapu, Jambi Kolonel Inf Dany Budiyanto yang diwakili Mayor Inf Sunardi yang menjabat sebagai Kepala seksi (Kasi) Teritorial Korem 042/Gapu dalam sambutannya menyatakan materi pengetahuan tentang Bela Negara, Bhinneka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara dan Iman serta teknologi menjadi meteri pada kegiatan itu yang diramu dalam diskusi bersama para nara sumber dari TNI.

"Pihak Korem 042 Gapu telah menyiapkan seluruh materi dan berharap para peserta SMN 2018 dapat menerimanya dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Mayor Inf Sunardi.

Kegiatan yang dikolaborasikan dengan diskusi itu, para peserta SMN 2018 dari Maluku Utara menyatu dan saling bertanya. Diskusi antara pemateri dengan peserta berlangsung dalam suasana yang kekeluargaan kendati tetap ada sentuhan militer.

Usai sehari menjalani kegiatan pembekalan terhadap materi wawasan nusantara di Jambi yang disampaikan anggota Korem 042/Gapu, para peserta SMN asal Maluku Utara dijamu makan malam bersama dengan Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar di rumah dinas Gubernur Jambi bersama pihak PTPN dan unsur Muspida setempat.

Selama di Jambi, peserta akan mengikuti sejumlah kegiatan mulai dari kunjungan ke situs percandian terluas se-Asia Tenggara di Candi Muarojambi, rumah batik, pelatihan e-commerce, hingga kunjungan ke kawasan perkebunan tertua di Indonesia yakni di Kayu Aro Kabupaten Kerinci yang merupakan unit usaha PTPN6
.***

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018