Jambi, (Antaranews Jambi )- Para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku Utara mendapatkan pemahaman tentang perkembangan perdagangan online atau e-commerce saat kunjungan di Rumah Kreatif BUMN yang difasilitasi PLN dan Telkom di Jambi, Kamis.

Perkembangan pasar bisnis e-commerce itu disampaikan fasilitator Rumah Kreatif BUMN dari Telkom, Nina Rahmantia dan kemudian ditanggapi secara antusias oleh para peserta yang datang dari wilayah timur Indonesia itu.

"Saat ini perkembangan pasar atau jual beli online sudah pesat berkembang dan kita harus mulai merambah ke sistem tersebut," kata Nina di hadapan peserta SMN.

Menurut Nina, bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik melalui informasi teknologi internet sudah semakin pesat.

"Khususnya untuk di Blanja.com saat ini sudah banyak sekali produk UKM yang dijual di pasar tersebut. Blanja.com juga bekerjasama dengan e-bay yang merupakan pasar e-commerce terbesar di dunia," katanya.

Dalam merambah pasar e-comerce di Kota Jambi itu terdapat Rumah Kreatif BUMN (RKB) di yang dikoordinatori oleh PLN yang bersinergi dengan Telkom dalam memberikan pemberdayaan terhadap usaha kecil menengah (UKM).

Dalam sinergi itu, RKB memberikan pemberdayaan kepada pelaku UKM yang kemudian produk yang dihasilkannya itu dijual pada pasar (market place) Blanja.com yang dikembangkan Telkom.

Pemahaman perkembangan pasar e-commerce itu mendapat antusias dari peserta SMN asal Maluku Utara. Mereka pun aktif bertanya kepada narasumber yang menjelaskannya.

"Saat ini teknologi sudah semakin pesat dan bagaimana keamanan perdangan di situs 'online', " kata Prita yang menanyakan soal kemanan jual beli online di situs jual beli Blanja.com milik PT Telkom itu.

Menanggapi pertayaan tersebut, Nina mengatakan bahwa situs Blanja.com sangat aman. Sebab dalam penjualan dipasar e-commerce milil Telkom sangat ketat.

"Kita sudah mengantisipasi, ada tim khusus. Jadi barang-barang yang dijual harus sesuai ketentuan, misalnya tidak ada barang tiruan atau KW," jawab Nina.

Sementara itu, pemahaman terkait perkembangan pasar e-comerce itu juga dalam rangka menanamkan wawasan enterpreunership kepada para peserta SMN.

Program SMN atau pertukaran pelajar yang menjadi salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tersebut telah memasuki tahun keempat.

Pada tahun ini PTPN (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 selaku pelaksana BHUN 2018 di Jambi melaksanakan program tersebut dengan mengirimkan peserta SMN asal Jambi ke Maluku Utara dan sebaliknya menerima peserta SMN asal Maluku Utara. ***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018