Lombok, Antaranews Jambi -  Aksi solidaritas kemanusiaan di Kota Jambi untuk korban bencana gempa Lombok, juga turut dilakukan dalam bentuk penggalangan donasi yang terus berlangsung hingga saat ini. Terhitung hingga penghujung bulan Agustus 2018 jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan oleh Pemkot Jambi sebesar Rp 400.000.000 juta.

Wali Kota Jambi H Syarif Fasha mewakili masyarakat Kota Jambi, langsung menyerahkan donasi kemanusiaan tersebut kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat di Kota Mataram, Selasa sore (28/08). Bantuan uang tunai tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB H Rosiady Husaenie Sayuti yang mewakili Gubernur NTB pada kesempatan itu.

"Atas nama masyarakat Kota Jambi, kami menyerahkan langsung bantuan donasi kemanusiaan yang berasal dari ASN Pemkot Jambi, pelajar SD dan SMP Kota Jambi, Persatuan Umat Budha Jambi, komunitas, saya pribadi selaku Wali Kota dan keluarga. Ini merupakan donasi tahap pertama yang kami serahkan. Saat ini kami juga sedang menggalang kembali donasi selanjutnya, untuk diserahkan kepada saudara kami yang tertimpa musibah di Lombok, dalam waktu dekat. Semoga bantuan ini bermanfaat, walaupun tidak seberapa, namun semoga dapat sedikit menghibur dan meringankan beban saudara kami disini," kata Syarif  Fasha

Sekda NTB Rosiady Husaenie pada kesempatan itu, tidak dapat menutupi rasa harunya. Pihaknya mengapresiasi kedatangan Wali Kota Jambi ke NTB, yang secara langsung datang mengantarkan donasi masyarakat Kota Jambi.

"Kami begitu terharu atas kedatangan Wali Kota Jambi, yang telah menyempatkan waktunya ke kota kami, untuk mengunjungi kami yang sedang mendapat ujian dari Allah. Semoga perhatian, solidaritas dan kepedulian yang telah ditunjukkan Wali Kota Jambi beserta masyarakat Kota Jambi, dibalas dengan kebaikan dan keberkahan untuk Wali Kota Jambi dan masyarakatnya," ujar Sekda NTB tersebut.

Sekda NTB tersebut juga menyampaikan permohonan maaf Gubernur NTB yang berhalangan hadir untuk menerima secara langsung donasi tersebut. Dirinya juga mengemukakan bahwa kondisi NTB masih dalam proses pemulihan. Masyarakat masih banyak yang masih trauma, dan memilih untuk mengungsi ke tenda darurat. Dirinya juga menyebutkan bahwa korban jiwa bencana NTB sebanyak 506 jiwa.

Kunjungan ke Lombok tersebut juga dimanfaatkan Wali Kota Fasha untuk mengunjungi langsung lokasi tenda darurat pengungsian yang berada di Kota Lombok. Dihadapan pengungsi yang didominasi wanita dan anak-anak, Wali Kota Fasha tampak terenyuh dan merasa prihatin dengan kondisi yang dilihat langsung oleh mata kepalanya sendiri. Wali Kota Fasha pun tampak berusaha menghibur anak-anak pengungsian tersebut.

Seusai mengunjungi tenda pengungsian, Wali Kota Fasha pun turut menyampaikan apresiasinya atas kepedulian dan kedermawanan masyarakat Kota Jambi yang telah mendonasikan pada tahap pertama tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih kepada donatur, baik ASN, pelajar SD SMP Kota Jambi, komunitas masyarakat, yang telah mendonasikan dananya untuk Lombok. Semoga langkah awal yang kita mulai ini, dapat sedikit membantu meringankan duka saudara kita di Lombok. Kita doakan musibah ini segera berakhir dan Lombok segera pulih seperti sedia kala. Kami masih dan tetap akan menggalang dana untuk tahap kedua, dan akan segera kita salurkan kembali kesini," kata Fasha menambahkan.***(Humas)
 

Pewarta: -

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018