Jambi (Antaranews Jambi) - Pemerintah Kabupaten Batanghari melaksanakan sosialisasi peningkatan kesadaran pengamanan informasi dan persandian di lingkungan pemerintah daerah itu guna menumbuhkan kesadaran terhadap keamanan informasi.

"Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat selain memudahkan masyarakat mengakses informasi, juga membuka celah kerawanan dan kebocoran informasi, sehingga informasi yang bernilai strategis perlu dilakukan pengamanan khusus," kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Dsikominfo) Kabupaten Batanghari, Eko Wiyono di Muarabulian, kamis.

Eko mengatakan perlu juga dilakukan terhadap pengamanan potensi kerawanan dalam transaksi sistim informasi dan keamanan perangkat jaringan komunikasi dan data serta saranan komunikasi lainnya.

Pemerintah daerah itu melakukan sosialisasi tersebut bertujuan agar peserta yang berasal dari seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian Setda dan Camat dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kompetensi mengenai pengelolaan keamanan informasi, sehingga dapat melindungi dan menjaga konfidensialitas atau kerahasiaan informasi yang perlu dijaga kerahasiaannya pada setiap instansi.

Bupati Batanghari, Syahirsah mengatakan peningkatan kesadaran keamanan informasi sangatlah penting karena pengelolaan teknologi infromasi dan komunikasi saat ini telah menjadi suatu kebutuhan seluruh instansi, baik pemerintahan maupun swasta.

"Pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi harus didukung dengan keamanan informasi agar kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan informasi dapat terjaga dari segala ancaman yang akan mengganggu keberlangsungan kinerja organisasi," kata Syahirsah.

Dalam sosialisasi itu, Pemkab Batanghari mendatangkan Kasubdit Identifikasi kerentanan dan Penilaian Resiko Pemerintah Wilayah-1 (IKPRPW-1) Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN), Nur Achmadi Salmawan sebagai narasumber.

Sosialisasi yang dilaksanakan di ruang pola kantor bupati tersebut selain diikuti kepala OPD, Kabag Setda dan camat, juga dihadiri Kepala Diskominfo kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.***

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018