Jambi (Antaranews Jambi) - Grup kesenian SMP Negeri 4 Kota Jambi mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi X DPR-RI H Sutan Adil Hendra saat tampil pada Pekan Kebahasaan dan Kesastraan di Kantor Bahasa Jambi.

"Mereka membawakan kesenian dengan baik dan memiliki prestasi nasional, saya apresiasi dan tolong mereka masuk daftar penerima bea siswa," kata Sutan Adil Hendra.

Grup kesenian yang terdiri dari enam siswa dan seorang siswi SMP itu mengkolaborasi kompangan dengan alat musik gambus dan kolintang dalam sebuah kreasi seni khas.

Aksi panggung mereka bahkan cukup siap, kendati sempat terkendala dengan sound system dan salah satu mix-nya, namun mereka tetap tampil stabil menuntaskan aksi panggungnya dihadapan pimpinan DPR dan pejabat dari Badan Bahasa kemendikbud itu.

Grup kesenian siswa tersebut, merupakan juara ke-3 lomba apresiasi seni tingkat SMP di Provinsi Jambi, namun telah berkiprah dalam beberapa lomba di tingkat Sumatera dan nasional.

"Saya berharap talenta seperti mereka dipupuk dan dikembangkan, saya minta kepala sekolah untuk memastikan potensi yang ada tergali, tersalurkan dan menciptakan prestasi yang membanggakan," kata Adil Hendra.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Kota Jambi Agus Yanto menyebutkan, para siswa itu telah ditempa dalam latihan yang relatif singkat yakni sekitar enam bulan.

Namun telah menunjukkan kiprah panggungnya yang baik dan penuh percaya diri. Masing-masing personil mendapat tugas mengeksplorasi kemampuannya memainkan satu alat musik dalam pentas itu.

Selain memiliki grup kesenian unggulan, SMPN 4 juga memiliki unit kegiatan siswa dalam pembuatan kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah kertas yang melibatkan siswa-siswi di sekolah itu.***




 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018