Jambi, Antaranews Jambi - Bupati Muarojambi Hj Masnah Busyro melakukan peletakan batu pertama pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Khusus Perempuan dan Anak pertama di Provinsi Jambi yang berlokasi di Desa Bukit Baling Sengeti Kabupaten Muarojambi, Rabu.

Pada kegiatan itu hadir pula Kepala Lembaga Permasyarakatan Perempuan kelas II B di Jambi, Susana Tri Agustin dan Kapolres Muarojambi AKBP Mardiono yang turut menyaksikan kegiatan proses awal pembagunan lapas di lahan seluas 7,5 hektare tersebut.

Lapas Kelas IIB khusus perempuan dan anak itu  akan dibangun lengkah dengan fasilitas strandard yakni kantor, ruang tahanan, tembok kunjung, dapur, sumur bor serta fasilitasi lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mendapat penjelasan terkait pembangunan lapas tersebut  dari Kepala Lapas Perempuan II B Jambi Susana Tri Agustin yang menerangkan denah pembangunan fasilitas untuk menampung warga binaan dari kaum hawa dan anak-anak itu.

Pada awal tahun 2018,  Pemerintah Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi menghibahkan lahan seluas 7,5 hektare untuk membangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus perempuan pertama di provinsi itu.

Dengan adanya lapas perempuan tersebut diharapkan warga binaan wanita bisa ditampung di satu lokasi.

Serah terima lahan untuk pembangunan lapas perempuan berkelas II B tersebut telah dilakukan oleh Bupati Masnah kepada Kepala Kanwil Kemkumham Provinsi Bambang Palasara beberapa waktu lalu di Kementerian Hukum dan HAM Jakarta.

Lapas yang berlokasi  di KM 26 Desa Bukit Baling Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi itu rencananya akan dibangun fasilitas Lapas untuk kapasitas tampung 500 orang warga binaan perempuan.

Bupati Muarojambi yang merupakan bupati perempuan pertama di Provinsi Jambi itu  itu sangat konsen dalam merealisasikan pembanguna  lapas khusus  perempuan pertama di Provinsi Jambi itu. Bahkan ia beberapa kali bolak balik melakukan koordinasi dengan Kantor Kemenkumham baik di Jambi maupun di Jakarta.

Bupati sangat mengapresiasi Kemenkumham yang telah merealisasikan lokasi lapas khusus itu dibangun di wilayah Kabupaten Muarojambi.

"Kami sangat mengapresiasi Kemenkumham yang telah menunjuk Muarojambi menjadi lokasi pembangunan lapas khusus ini, kami bersama Forkopinda akan terus mendukung berdirinya lapas ini," kata Masnah Busyro.***

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018