Gorontalo, (Antaranews Jambi) - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo Bayu Artiyoso Mandiri, Jumat malam, mengatakan pihaknya telah mengirim tim pencari dan pertolongan (SAR) ke wilayah gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

"Kami mengirimkan anggota untuk pindah tugas sementara ke kantor SAR Palu melalui jalur darat. Tim juga membawa dua truk evakuasi ke sana," katanya di Gorontalo, Jumat.

Satu tim yang dikirim berjumlah 12 personel. Mereka akan membantu proses pencarian dan evakuasi korban gempa.

"Mereka membawa peralatan ekstrikasi lengkap, dua telepon satelit, serta peralatan pendukung lainnya dan berangkat melalui jalur darat pada pukul 19.50 Wita dengan menggunakan truk personel," katanya.

Ia menambahkan Gorontalo akan membantu sepenuhnya proses pencarian dan pertolongan korban gempa.

Sebelumnya, sejumlah warga di Kecamatan Palu Timur, Kota Palu Sulawesi Tengah yang rumahnya ambruk, hingga saat ini hanya mengungsi ke jalan raya.

Seorang warga Palu Timur, Miftah, saat dihubungi Antara, Jumat malam, mengungkapkan ia dan keluarga belum memikirkan akan mengungsi ke mana.

"Sampai saat ini (pukul 21.45 Wita) kami masih merasaka ada guncangan gempa setiap lima menit. Rumah kami roboh, rumah tetangga juga. Kami sekarang hanya berkumpul di jalan, hanya di sini yang aman," ungkapnya.

Selain adanya gempa susulan, jaringan listrik masih putus sehingga warga tidak bisa berbuat banyak, terutama dalam mengevakuasi korban.

Pewarta: Deby H Mano

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018