Jambi (Antaranews Jambi) - Festival Kerinci 2018 atau sebelumnya disebut Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) akan digelar 3-7 Oktober di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.
     
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Ujang Hariadi di Jambi, Minggu, mengatakan Festival Kerinci adalah iven tahunan kepariwisataan yang diselenggarakan oleh Disparbudpora Kabupaten Kerinci, didukung oleh Pemprov Jambi melalui Disbudpar dan Kementerian Pariwisata.
     
"Iven itu diselenggarakan dalam rangka ajang promosi dan pelestarian kepariwisataan Kabupaten Kerinci, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah hingga wisata Kuliner yg dimiliki oleh Kabupatan Kerinci," katanya.
     
Dijelaskannya, dalam Festival Kerinci 2018 terdapat beragam aksi kepariwisataan seperti pertunjukan kesenian Kerinci-Jambi, lomba cerdas cermat kebudayaan dan lomba kuda lumping.
     
Kemudian ada lomba seduh kopi, seduh teh kayu aro, seduh serbuk kawo, kicau mania, lomba fotografi, lomba menyelam, lomba melukis, lomba suling kapel, lomba numbuk tiga alu, pameran kuliner tradisional dan pameran karya seni rupa
     
Selain itu, ada Kerintji Mountain Bike Cross Country yang merupakan core iven Festival Kerinci yang akan digelar pada 2 Oktober di Sirkuit Alam Kayu Aro dan finis di Danau Kerinci pada 3 Oktober sebelum pembukaan festival.
     
"Kerintji Montain Bike Cross Country akan diikuti para bikers profesional se-Provinsi Jambi dan dari luar Provinsi Jambi," kata Ujang.
     
Ujang Berharap Festival Kerinci 2018 mampu menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara untuk mengunjungi Kabupaten Kerinci yang kaya akan objek wisata sehingga berimbas pada perekonomian masyarakat Kerinci. Apalagi Kerinci sudah ditetapkan sebagai branding pariwisata Jambi.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018