Jambi (Antaranews Jambi) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan akan terus memacu perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Kerinci yang menjadi lintasan balap sepeda Tour de Singkarak 2019 mendatang.
    
"Perbaikan infrastruktur terus kita pacu, jalan mulai dari perbatasan Sumatera Barat-letter W Kerinci akan segera diperbaiki," katanya saat meninjau jalur yang direncanakan menjadi lintasan balap sepeda Tour de Singkarak tahun 2019 mendatang, Rabu (3/10).
    
Fachrori mengatakan Pemprov Jambi akan secepatnya mengusulkan ke pemerintah pusat agar jalan tersebut di tahun 2019 segera diperbaiki.
    
"Tour de Singkarak itu iven internasional, dengan rute yang melewati Jambi ini maka kita secara langsung dapat mempromosikan potensi wisata kita ke masyarakat dunia, khususnya mereka yang dari Eropa dan negara lainnya," kata Fachrori.
    
Kabupaten Kerinci katanya sangat layak dipromosikan ke dunia pariwisata internasional. Selain keindahan alamnya, Kerinci juga kaya dengan ritual budaya dan kuliner khas daerah.
    
Sementara itu, Bupati Kerinci Adi Rozal mengatakan jalan mulai dari perbatasan Sumbar sampai jalan Letter W telah mendapat persetujuan Menteri PUPR untuk perbaikan dengan anggaran Rp100 miliar.
    
"Sebab itu Pemkab Kerinci minta Pemprov Jambi agar secepatnya mengusulkan perbaikan jalan agar ini cepat terwujud," kata Adi Rozal.
    
Menurutnya saat ini tinggal kesiapan infrastuktur dan sarana lainnya untuk mendukung Tour de Singkarak 2019 melewati Jambi khususnya wilayah Kerinci.
    
"Jangan sampai infrastruktur kita tidak mendukung sehingga iven ini batal melintasi Jambi," katanya menambahkan.
    
Provinsi Jambi sebelumnya menawarkan Kerinci dan Sungaipenuh untuk masuk dalam salah satu etape Tour di Singkarak 2018. Dua daerah di Jambi itu merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat dengan objek wisata kebun teh terluas di Indonesia dan Gunung Kerinci salah satu gunung api tertinggi di Asia Tenggara.
    
Namun karena belum siapnya infrastruktur dan fasilitas lainnya, keikutsertaan Provinsi Jambi belum bisa terealisasikan pada Tour de Singkarak ke-10 tahun ini.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018