Jambi, Antaranews Jambi - Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui  Deputi Bidang pengembangan Pemuda memicu semangat dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa Universitas Jambi (Unja) melalui seminar kewirausahaan di kampus itu, Rabu.

Kegiatan kewirausahaan yang dibuka oleh Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MHPh.D  berlangsung sehari penuh di Aula Rektorat III Unja itu dihadiri ratusan mahasiswa. Tema yang diusung adalah menumbuhkan minat kewirausahaan di kalangan pemuda.

Hadir pula sebagai pembicara pada acara itu Pimpinan Komisi X DPR-RI asal Provinsi Jambi HAR Sutan Adil Hendra yang memberikan pembekalan kewirausahaan kepada para mahasiswa serta memotivasi mereka untuk memanfaatkan potensinya masing-masing.

Asisten Deputi Kewirausahaan Kemenpora Imam Gunawan tampil sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut dan diikuti dengan antusias oleh para mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi.

Hadir pula praktisi wirausaha yang juga pemuda pelaku usaha yang telah sukses merintis bisnisnya yang melakukan sharing dengan para mahasiswa

"Minat dan jiwa wirausaha itu bisa tumbuh dengan sendirinya, tapi itu semua harus dipicu dan diarahkan," katanya.

Melalui seminar itu, kata Imam Gunawan diharapkan mahasiswa bisa terpicu dan percaya diri untuk menekuni wira usaha serta menciptakan lapangan pekerjaan di masyarakat.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menguatkan niat teman-teman mahasiswa untuk berusaha dan berwirausaha dengan kreatif dan penuh inovatif," katanya.

Kegiatan itu, kata dia merupakan selain sosialisasi juga memberikan beberapa narasumber yang bisa memicu dan memotivasi untuk mengikuti kisah sukses. Selain itu juga menyampaikan trik dan kiat dalam menghadapi kendala saat menjalani usaha.

"Kemenpora akan memfasilitasi dan mensuport dalam bentuk bantuan dan pendampingan kewirausahaan. Pelaku usaha dikumpulkan dan di rangking oleh pihak Unja, siapa yang  kira-kira layak untuk di support. Pihak ekubator akan memberikan rekomendasi ke kemenpora agar bisa di berikan bantuan sesuai kebutuhan," kata Imam Gunawan.

Para peserta yang memenuhi syarat dan berprestasi akan mendapatkan modal usaha masing-masing Rp15 juta.***
Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D berfoto bersama para nara sumber Seinar Kewiraushaaan di Kampus Pinang Masak Unja Mendalo Kabupaten Muarojambi, Rabu. (Humas Unja)


 

Pewarta: Nita Priyanti

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018