Jambi (Antaranews Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kesehatan memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berprestasi dan teladan yang mengabdi di daerah itu saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2018 tingkat Provinsi Jambi, Senin (12/11).

Pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berprestasi itu diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto dengan beberapa kategori penilaian.

Diantaranya piala bergilir puskesmas berprestasi, tenaga kesehatan teladan di puskesmas seperti dokter, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi, tenaga ahli laboratorium dan tenaga kefarmasian.

"Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 tahun 2018 yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan Provinsi Jambi hari ini sesuai dengan amanat Menteri Kesehatan, bahwa ke depan kita harus mengayomi seluruh masyarakat," kata Dianto.

Menurutnya, angka indikator kesehatan masyarakat di Jambi ternyata terjadi peningkatan dibandingkan tahun 2013 yang lalu, dimana ada peningkatan jumlah perokok remaja, lalu jumlah penderita hipertensi meningkat dan jumlah penderita diabetes meningkat.

"Artinya bahwa pola hidup masyarakat kita semakin hari semakin memprihatinkan," kata Sekda.

Sebab itu, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi kata Sekda mengadakan berbagai lomba baik untuk dokter maupun untuk perawat, puskesmas terbaik dan klinik mandiri serta dokter kecil. Semuanya diberikan penilaian agar ke depan jika terjadi ada penilaian tentang kesehatan masyarakat angkanya akan jauh menurun.

Terkait peringatan HKN 2018 tingkat Provinsi Jambi, Dianto mengimbau masyarakat menerapkan perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.

Tema HKN 2018 yakni "Aku Cinta Sehat" dengan subtema HKN 2018 "Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita".

"Sesuai tema HKN 2018, artinya gerakan ini harus terus kita sampaikan dan terapkan pada kita pribadi, lalu keluarga dan lingkungan," ujarnya.
 
Sementara itu, sambutan tertulis Menteri Kesehatan yang dibacakan Sekda Provinsi Jambi, salah satu poinnya yakni menyebutkan bahwa peringatan HKN ke-54 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan dari bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif.

"Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah," kata Sekda membacakan pesan Menkes.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018