Jambi, Antaranews Jambi - Pemerintah Kabupaten Batanghari mewacanakan 11 desa dan kelurahan di daerah itu sebagai kampung Keluarga Berencana (KB) pada tahun 2019. 

"Sebanyak 11 kampung KB yang diwacanakan tahun 2019 mendatang tersebar di delapan kecamatan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2KBPPA) Saryoto di Muarabulian, Jum'at. 

Sebanyak 11 kampung KB yang diwacanakan tersebut diantaranya di Desa Rantau Gedang Kecamatan Mersam, Sungai Ruan dan Mekar Sari Kecamatan Maro Sebo Ulu. Selanjutnya Desa Koto Boyo Kecamatan Batin XXIV, Rantau Kapas Tuo Kecamatan Muara Tembesi, Desa Ladang Peris, Petajen dan penerokan Kecamatan Bajubang. Kemudian Desa Olak Rambahan Kecamatan Pemayung, Desa Napal Sisik Kecamatan Muarabulian dan Kelurahan Terusan Kecamatan Maro Sebo Ilir. 

Sementara itu, ditahun 2018 Pemda daerah itu telah dicanangkan sembilan kampung KB. Kampung-kampung KB tersebut dibina melalui Dana Alokasi Khusus. Terdiri dari beberapa kegiatan, diantaranya melalaui kegiatan pembinaan pokja, tribina dan pembinaan mini loka karya. 

Saryoto mengatakan, dalam kegiatan tersebut melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tekhnis untuk menyelesaikan permasalahan di kamlung KB. 

"Seperti permasalahan yang menyangkut data kependudukan, kita menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menyelesaikan masalah kependudukannya," kata Saryoto.

Selanjutnya ia menjelaskan, saat ini secara berangasur-angsur permasalahan yang berada di kampung KB tersebut telah difasilitasi. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018