Jambi, Antaranews Jambi - Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 dengan mengangkat tema 'Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita'. 

"Makna dari tema tersebut yakni mengajak semua komponen bangsa untuk selalu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari dr Elfi Yennie di Muarabulian. Senin. 

Dilaksanakan berbagai macam kegiatan  pada peringatan HKN ke-54 didaerah itu. Diantaranya lomba inovasi pelayanan kesehatan, bakti sosial kepada warga Suku Anak Dalam (SAD) serta berbagai macam lomba olahraga seperti futsal dan bola voli. 

Selain itu, juga dilaksanakan deklarasi stop kebiasaan Buang Air Besar (BAB) sembarangan oleh desa dan kelurahan diraerah itu. Sekitar 20 orang kepala desa dan lurah yang tersebar di delapan kecamatan lakukan deklarasi tersebut.

Sementara itu, dr Elfi mengatakan masih terdapat beberapa permasalahan kesehatan yang harus dituntaskan oleh dinas kesehatan. Salah satunya masih ada kematian ibu, bayi dan balita. Persoalan gizi, penyakit menular dan penyakit tidak menular serta masih terbatasnya sumber daya kesehatan. 

"Perlahan tapi pasti permasalahan tersebut akan kita tuntaskan, sebab program dan kegiatan bidang kesehatan tahun 2016-2021 sudah selaras dengan RPJMD Kabupaten Batanghari tahun 2016-2021," kata dr Elfi. 

Dalam peringatan HKN ke 54 tersebut, dr Elfi meminta kepada seluruh insan kesehatan daerah itu untuk menjadikan HKN sebagai momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat. Tujuannya agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Serta terus berupaya menyadarkan masyarakat untuk mandiri dalam aspek kesehatan. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018