Jambi (Antaranews Jambi) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar mengapresiasi beberapa capaian Pemkab Merangin salah satunya mengembalikan lahan bekas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) menjadi lahan sawah.

Usai menghadiri paripurna istimewa DPRD dalam rangka HUT ke-69 Kabupaten Merangin di Merangin, Sabtu (22/12), Fachrori mengatakan beberapa capaian makro pembangunan Kabupaten Merangin menunjukkan kemajuan, diantaranya adalah menurunnya angka kemiskinan dan komitmen terhadap lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.

"Pemkab Merangin membuktikan komitmen terhadap lingkungan dengan terus berupaya mengembalikan lahan eks PETI menjadi lahan pertanian yang produktif secara partisipatif, yaitu lahan sawah," kata Fachrori. 

Atas komitmen yang telah dilaksanakan itu, Pemkab Merangin katanya mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kemenpan-RB) berupa penghargaan 99 top inovasi pelayanan publik tahun 2018.

Selain itu, Fachrori berpesan, agar Pemkab Merangin terus melakukan sinergi dengan semua pihak dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya para generasi muda. 

Dimana program peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan secara terarah, fokus dan berkelanjutan, sehingga menghasilkan generasi penerus yang semakin berkualitas.

"Kita harus lebih mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan potensi yang ada di daerahnya masing masing. Untuk Kabupaten Merangin sendiri, bisa lebih mengembangkan potensi pertanian dan pariwisata yang dimiliki," katanya menambahkan.

Sementara itu, Bupati Merangin Al Haris, mengatakan Pemkab Merangin terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Merangin melalui pembangunan pada sektor pertanian dan pariwisata. 

Karena menurutnya sektor pertanian dan pariwisata sangat potensial jika terus dikembangkan, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan menciptakan lapangan kerja baru.

"Melalui momentum HUT ke-69 Kabupaten Merangin ni, mari kita bersama-sama lebih meningkatkan pembangunan khususnya pada sektor pertanian dan pariwisata agar masyarakat lebih sejahtera lagi. Kita juga harus bersyukur atas capaian pembangunan yang telah kita laksanakan," kata Haris.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018